Gandeng Alibaba Cloud, NetApp Beri Kebebasan Enterprise Kelola Data

Technologue.id, Jakarta – NetApp mengumumkan kolaborasinya dengan Equinix dan Alibaba Cloud melalui Indonet, mitra di Indonesia untuk menjawab kebutuhan serta tantangan para pelanggan enterprise agar dapat menyederhanakan serta mengotomatisasi infrastruktur TI atau membangun cloud modern dari awal.

Kolaborasi yang menghubungkan NetApp Private Storage (NPS) for Cloud, Alibaba Cloud dan Platform Equinix, memudahkan bisnis-bisnis di Indonesia untuk memiliki kebebasan dan fleksibilitas penuh untuk menjalankan aplikasi atau workload serta memiliki kendali penuh atas data mereka di berbagai multi-cloud platform. Hal ini juga akan membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan dalam pengelolaan data seperti keamanan jaringan, latensi, kinerja, serta kepatuhan menjalani aturan terkait pengumpulan data, seperti tertera dalam Peraturan Pemerintah No. 82 (PP82) tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE) yang mewajibkan perusahaan di Indonesia agar memiliki data center dan disaster recovery center di wilayah Indonesia.

Hasil riset dari International Data Corporation (IDC) memperkirakan bahwa pada tahun 2020, 30 persen dari perusahaan Indonesia akan mengimplementasikan layanan dan platform multiple cloud. Oleh karena itu, perusahaan dan organisasi yang akan mengadopsi strategi multi-cloud harus mampu memaksimalkan kapabilitas cloud-computing dan mengelola aset pribadi pada saat yang bersamaan.

Dengan hadirnya pilihan cloud platform yang beragam, kebutuhan untuk dapat mengelola data dengan benar menjadi kunci. “NetApp percaya bahwa mengadopsi Hybrid Cloud dapat menjadi langkah tepat bagi bisnis yang ingin bertransformasi secara digital Oleh karena itu, kami menghadirkan NetApp Private Storage (NPS) for Cloud dengan berkolaborasi bersama Equinix dan Alibaba Cloud sebagai komitmen kami untuk mengakomodir kebutuhan bisnis di Indonesia yang ingin mengadopsi Cloud. Di saat yang bersamaan, NetApp juga membantu mereka menjawab kebutuhan bisnis sekaligus mematuhi peraturan yang berlaku di Indonesia,” jelas Ana Sopia, Country Manager, NetApp Indonesia.

NPS for Cloud dengan Equinix dan Alibaba Cloud memberikan fleksibilitas dan kemudahan bagi tim TI untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang selalu berubah seperti menjawab kebutuhan pasar secara strategis dan membuat produk baru dimana perusahaan dan organisasi harus mampu mengelola data mereka dari mana saja dan kapan saja, agar mereka siap untuk bersaing di era digital dengan mengendalikan data mereka secara efisien. NPS for Cloud menjadi investasi tepat bagi para pengguna baru cloud di Indonesia.

Yee May Leong, Managing Director, Equinix South Asia, mengatakan, “Teknologi cloud telah menjadi bagian yang semakin tidak dapat terpisahkan dari transformasi digital, namun penerapannya di Indonesia terhalang oleh kekhawatiran mengenai keamanan dan perlindungan data. Dengan diterapkannya NetApp Private Storage for Cloud via Platform Equinix, para pelanggan dapat dengan mudah membangun lingkungan hybrid cloud dengan menggunakan Alibaba Cloud yang cepat dan dalam waktu yang bersamaan, tetap mematuhi peraturan tentang perlindungan data di Indonesia”

“Dengan dua pusat data lokal yang berlokasi di Indonesia, kami berkomitmen untuk melayani para pelanggan kami dengan produk dan layanan cloud yang dapat diandalkan, aman serta terpercaya, Kolaborasi antara NetApp dan Equinix dalam membangun lingkungan hybrid cloud didukung dengan infrastruktur dari kami merupakan bentuk nyata dari komitmen ini. Kami akan terus bekerjasama dengan para mitra lokal kami untuk memenuhi kebutuhan transformasi digital bagi bisnis-bisnis di Indonesia”, ujar Leon Chen, Country Manager Alibaba Cloud Indonesia.

Alibaba Cloud, data intelligence backbone dari Alibaba Group, mengoperasikan dua pusat data lokal di Indonesia sejak 15 Maret 2018 (Zona 1) dan 9 Januari 2019 (Zona 2) untuk mendukung transformasi digital pelanggan Indonesia dan mematuhi Peraturan Pemerintah Nomor 82 (PP82) tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE).

Pusat data yang berada di Indonesia tidak hanya menyediakan infrastruktur sebagai layanan (Infrastructure as a Service), namun juga teknologi mutakhir seperti GPU processing, Container Service, Big Data processing, solusi Artificial Intelligence dan layanan keamanan seperti Web Application Firewall.

NPS for Cloud merupakan solusi multi-cloud yang cepat dan menawarkan keseimbangan antara sumber public cloud dan private cloud untuk mengoptimalkan performa bisnis.

Bersama Equinix dan Alibaba Cloud melalui Indonet, NPS for Cloud memungkinkan organisasi untuk menyesuaikan sumber daya cloud sesuai permintaan dan secara dinamis mengoptimalkan biaya operasional dan modal, menyediakan akses ke data dalam sumber private maupun public cloud dengan mudah, meningkatkan efisiensi biaya untuk berbagai workload, mempertahankan kendali penuh atas data, kepatuhan dan mobilitas, serta menerapkan strategi disaster recovery yang dapat menghemat biaya besar.

Sebelumnya, NetApp Indonesia telah melakukan uji coba terhadap NPS for Cloud di Indonesia dengan Alibaba Cloud dan colocation pada Platform Equinix, dengan memberikan kendali sepenuhnya terhadap data bagi para pelanggan.

Uji coba menunjukkan hasil latensi yang jauh lebih rendah dengan latensi jaringan sebesar 0,39 ms dan latensi disk (dengan pengaturan SAS) sebesar 1,4ms.

Recent Articles

Kelebihan dan Kekurangan Hero Barats di Mobile Legends

Technologue.id, Jakarta - Barats adalah hero dengan tipe Tank Fighter yang baru saja rilis di Mobile Legends Original Server. Seperti kebanyakan hero Tank Fighter lainnya,...

Selamat! Lima Startup Finalis Grab Ventures Velocity Batch 3 Telah Lulus

Technologue.id, Jakarta - Grab Indonesia mengumumkan kelulusan lima finalis Grab Ventures Velocity (GVV) Angkatan 3 untuk mempertegas komitmen dalam mendorong perkembangan ekosistem...

Pendaftaran Reno4 Virtual Run Resmi Dibuka

Technologue.id, Jakarta - Dalam rangka Hari Olahraga Nasional (Haornas), OPPO Indonesia resmi membuka pendaftaran ajang RENO4 VIRTUAL RUN. Pendaftaran kompetisi lari virtual...

Google Luncurkan Pixel 4a 5G

Technologue.id, Jakarta - Google kembali menghadirkan ponsel terbarunya, yakni Pixel 4a. Meluncur secara virtual pada Kamis (1/10/2020), ponsel ini mengusung jaringan generasi...

Bikin Melongo, Segini Harga iPhone 12 Edisi Terbatas

Technologue.id, Jakarta - Perusahaan asal Rusia, Caviar kembali memperkenalkan produk terbarunya. Seperti biasa, produknya ini dibanderol dengan harga yang fantastis.

Related Stories