Technologue.id, Jakarta – Kartu kredit digital, Kredivo, mengumumkan kemitraannya dengan salah satu perusahaan digital POS (Point of Sale) di Indonesia, Moka.

Kerjasama ini merupakan wujud komitmen kedua belah pihak untuk memberikan kemudahan pada konsumen Indonesia dalam bertransaksi di gerai-gerai offline dengan kredit instan tanpa perlu menggunakan kartu kredit dengan bunga setara bank.

Akshay Garg, Co-founder dan CEO FinAccel, perusahaan yang menaungi Kredivo mengungkapkan bahwa hal ini merupakan langkah strategis yang dilakukan kedua perusahaan, dimana masyarakat dapat membayar barang belanjaan offline menggunakan kartu kredit digital Kredivo di toko ritel yang telah menggunakan perangkat Moka.

Baca Juga:
Moka Raih Pendanaan Seri B Senilai Rp355 Miliar

Berbeda dengan perusahaan multifinance lainnya yang membutuhkan waktu berjam-jam untuk memproses pengajuan kredit, Kredivo dapat memberikan konfirmasi persetujuan hanya dalam beberapa menit.

“Untuk pertama kalinya, dua perusahaan digital bekerjasama untuk membangun infrastruktur pembayaran di Indonesia. Kredivo membangun infrastruktur kredit ritel sedangkan Moka membangun infrastruktur penerimaan pembayaran digital. Kami memiliki visi yang sama untuk meningkatkan transaksi digital baik diri sisi pedagang maupun pembeli; pedagang mampu melacak 100 persen pembayaran mereka secara digital dan pengguna dapat mengakses kredit dengan mulus,” kata Akshay Garg.

Dia menjelaskan bahwa program transaksi offline Kredivo pertama diluncurkan bersama OkeShop, dimana saat ini Kredivo sudah tersedia di 47 gerai OkeShop di wilayah Jabodetabek dan ratusan merchant lainnya. Jumlah ini akan terus bertambah dengan pengaktifan Kredivo di seluruh merchant Moka secara bertahap.

Baca Juga:
Fokus Tahun Ini, Moka Perluas End-to-End Solutions Bagi UKM

Sementara itu Haryanto Tanjo, Co-founder dan CEO Moka, mengungkapkan bahwa kerjasama ini merupakan komitmen kedua perusahaan teknologi ini untuk meningkatkan inklusi keuangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pembayaran digital.

“Kami sangat bersemangat menyambut kemitraan ini. Konsumen diuntungkan karena dapat menggunakan kredit dari Kredivo untuk belanja di merchant Moka, dan pelaku bisnis diuntungkan karena fasilitas kredit dapat meningkatkan AoV (average order value) dan omset merchant,” ujar Haryanto.

Moka merupakan perusahaan pengembang SaaS (Software as a Services) untuk sistem Point of Sale (POS) bagi usaha-usaha F&B (makanan & minuman), jasa, serta ritel. Saat ini, lebih dari 14.000 merchant telah menggunakan jasa Moka di seluruh Indonesia.

Meskipun pertumbuhan pembayaran digital sangat cepat, ekosistem usaha ritel terhambat oleh kesenjangan yang sangat besar dalam ketersediaan ritel kredit. Kredivo memecahkan permasalahan tersebut dengan memberikan opsi kredit yang mudah dan cepat dengan bantuan teknologi.