Technologue.id, Jakarta – Setelah muncul sejumlah chipset yang memiliki konektivitas 5G, Samsung pun ingin mencoba untuk menghadirkan smartphone 5G kelas menengah ke bawah dengan harga yang terjangkau. Namun kali ini, mereka tidak menggunakan chipsetnya sendiri.

Mengutip dari GSMArena (09/12/19), Samsung dikabarkan tengah melakukan negosiasi dengan MediaTek untuk bisa menyediakan chipset kelas menengah ke bawah berbasis 5G. Nantinya, chipset tersebut bakal digunakan pada Galaxy seri A dan seri M.

MediaTek sebelumnya sudah mengumumkan tiga buah chipset, yakni Dimensity 1000 5G yang diposisikan sebagai flagship, serta MT6885 dan MT6873 sebagai chipset kelas menengah ke bawah yang lebih terjangkau.

Sayangnya, hingga saat ini Samsung sendiri belum menjelaskan sebenarnya chipset MediaTek yang mana yang bakal digunakan untuk mengisi lini smartphone 5G kelas bawah ke depannya, termasuk soal ketersediaan dan spesifikasi detailnya.

Selain Samsung, Oppo, vivo, Xiaomi, dan Huawei pun mulai melirik sejumlah chipset baru MediaTek tersebut sebagai salah satu alternatif untuk bisa bersaing dalam kompetisi smartphone 5G yang kemungkinan akan mulai ramai pada tahun 2020 mendatang.