Geger Wallpaper ‘Indah’ Bikin Smartphone Rusak

Technologue.id, Jakarta – Wallpaper dengan latar belakang awan dan pemandangan danau indah sedang viral di media sosial. Ini bukan foto sembarangan. Beberapa pihak menyebutnya berbahaya. Karena, kalau foto danau ini diset jadi wallpaper, dia bisa bikin smartphone Android, terutama merek Samsung, jadi rusak (auto crash).

Informasi ini awalnya di-tweet oleh akun @UniverseIce. Dia mengingatkan agar tidak menggunakan gambar yang dilampirkannya dijadikan wallpaper, terutama yang menggunakan ponsel Samsung. Bila Anda menerima gambar ini, lebih baik dibiarkan saja.

Baca Juga:
Temukan Bug di Produk Apple, Hacker Ini Terima Hadiah Rp 1,2 M

Beberapa pengguna Android telah melaporkan ponsel mereka mengalami crash setelah menjadikan foto danau itu sebagai wallpaper. Layar jadi berkedip mati dan nyala. Beberapa dari mereka harus kehilangan data karena terpaksa factory reset agar ponselnya kembali normal.

Melalui media sosial Twitter, sejumlah pengguna ponsel di atas telah melaporkan gangguan crashdan layar berkedip setelah menjadikan foto danau sebagai wallpaper.

Sementar sebagian pengguna yang menjajal memasang wallpaper ini pada iPhone miliknya atau smartphone Android merek lain, ternyata tidak berpengaruh apa-apa.

Ice Universe sendiri menemukan, bahwa ketika dia mengunggah foto danau ini ke media sosial Weibo asal China, dia menemukan bahwa ada warna yang berubah pada foto tersebut.

Jika pengguna mengunduh foto dari Weibo, dan menjadikannya sebagai wallpaper di ponsel, itu tidak akan membuat ponsel crash. Tetapi jika foto diunggah ke Twitter, dia tidak mengalami perubahan warna, dan tetap bikin ponsel crash kalau diterapkan sebagai wallpaper.

Baca Juga:
Kacau, Virus Corona Dimanfaatkan Hacker

“Saya curiga mungkin ini berhubungan dengan color gamut,” katanya.

Pengguna lain menyampaikan, kesalahan teknis ini hanya bisa diperbaiki oleh Google melalui update software. Bukan oleh pihak Samsung.

Recent Articles

Data Pelanggan Bocor, Telkomsel Janji Berbenah

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel secara resmi menyatakan komitmennya dalam menjaga keamanan data pelanggan. Anak perusahaan Telkom Group tersebut mengaku akan berbenah agar...

Kisah Hidup Karakter Antonio dari Free Fire

Technologue.id, Jakarta - Free Fire adalah game mobile battle royale paling populer di dunia saat ini. Game ini memiliki sistem karakter yang...

TikTok Hapus 50 Juta Video Bermasalah di Paruh Kedua 2019

Technologue.id, Jakarta - Aplikasi media sosial TikTok mengatakan bahwa pihaknya telah menghapus lebih dari 49 juta video dari platformnya selama paruh kedua...

Bercerai dengan Intel, Segini Keuntungan yang Didapat Apple

Technologue.id, Jakarta - Dalam gelaran WWDC 2020, Apple mengkonfirmasi perpisahannya dengan Intel. Sejumlah pihak menilai keputusan ini diambil guna menghemat pengeluaran perusahaan.

WFH Bikin Penjualan PC Meningkat Secara Global

Technologue.id, Jakarta - Pandemi Covid-19 banyak mengubah paradigma tentang banyak hal, termasuk bisnis. Beberapa industri ada yang berdampak sangat buruk, namun di...

Related Stories