Gempa 6,4 SR Goyang Aceh, Sinyal Apa Kabar?

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Pagi ini (07/12/16), gempa bumi melanda kawasan Pidie Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter resminya, kekuatan gempa yang berpusat di kedalaman 10 km itu berkekuatan 6,4 SR.

Gempa sekuat itu sejauh ini dilaporkan sudah menyebabkan beberapa kerugian material. Namun yang cukup melegakan, jaringan telekomunikasi sejumlah operator besar di sana tidak sampai lumpuh total.

Kepada Technologue.id, Turina Farouk, VP Corporate Communication XL Axiata menyatakan kalau layanan XL tetap normal. Sebab, tidak ditemui kerusakan pada infrastruktur XL, baik BTS (Base Transceiver Station) maupun kantor Layanan XL Center di Banda Aceh. Dari total 33 BTS yang dimiliki XL di Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya, hanya dua buah BTS yang mati karena listrik dari PLN padam.

Senada dengan XL, Tri dalam keterangan tertulisnya mengklaim asetnya tak terkena dampak gempa dan masih dapat bekerja optimal. Baik 50 BTS maupun kantor layanan beserta tim mereka dalam keadaan selamat dan tetap beroperasi secara normal.

Sementara itu, Telkomsel mengaku pihaknya masih dapat melayani pelanggannya, walaupun pasokan listrik untuk beberapa BTS mereka disunat. Berdasarkan keterangan yang diterima redaksi dari Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel, anak perusahaan PT Telkom Indonesia itu sudah mengerahkan 43 unit mobile genset untuk mengatasi masalah tersebut.

Selang beberapa saat, Indosat Ooredoo mengabarkan kalau jaringannya di daerah terdampak tidak terpengaruh, kendati ada tujuh BTS-nya yang terganggu akibat tidak dialiri listrik. Akan tetapi, Deva Rachman, selaku juru bicara dari operator yang identik dengan warna kuning itu, berjanji pada redaksi kalau pihaknya bakal terus melakukan evaluasi kondisi jaringan serta mempersiapkan bantuan sosial bagi masyarakat setempat.

Smartfren lantas turut memastikan tidak ada gangguan jaringan miliknya di lokasi bencana tersebut. “Jalur komunikasi Smartfren dari Banda Aceh-Lhokseumawe sampai saat ini mesih berfungsi normal,” papar Munir SP, VP Technology Relations and Special Project Smartfren pada redaksi.

 

*Update: Rabu (07/12/16) pukul 17.47, redaksi menambahkan keterangan dari Indosat Ooredoo dan Smartfren.

 

Baca juga:

Terpilih Jadi CEO Telco Terbaik di Dunia, Ini Janji Bos Telkomsel

Luncurkan Arena Games, Indosat Ingin Developer Lokal Berkantong Tebal

Smartfren Manjakan Pelanggan Pencinta Musik Streaming

- Advertisement -

Latest News

Related Stories