Gerakan 1000 Startup Nasional Bali Berhasil Temukan 14 Startup Terbaik

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Indonesia (source: 1000startupdigital.id)

Technologue.id, Jakarta – Hari ini (30/07/17), sesi Bootcamp dari Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Kota Denpasar sudah usai. Tahapan terakhir dari lima rangkaian program tersebut dihelat di Aula Lantai 4 STMIK Primakara, selama Sabtu dan Minggu, 29-30 Juli 2017, dan berjalan dengan sukses.

Setelah para peserta mendapatkan beragam materi mulai dari pengembangan produk hingga marketing, serta mendapatkan mentoring sekaligus melakukan pitching di hadapan juri dan mentor, keluar 14 startup terbaik hasil godokan Bootcamp Denpasar.

Mengutip rilis pers yang diterima Technologue.id (30/07/17), deretan startup tersebut mengusung ide dan konsep unik untuk menyelesaikan beragam persoalan di tengah masyarakat. Contohnya, ada ZiBiGi, startup yang berupaya untuk menciptakan sinergi dengan koperasi melalui online marketplace; Shushi, yakni layanan e-commerce yang menghubungkan petani rumput laut dengan konsumen; serta Invite You, platform electronic invitation yang dapat membantu pengguna dalam membuat suatu kartu undangan agar lebih efisien dan efektif.

Fenomena yang juga tak kalah menarik untuk disoroti adalah hanya ada dua dari 14 startup yang menggarap sektor pariwisata. Di satu sisi, tentu fakta ini membuktikan bahwa walau Bali dan Denpasar amat lekat dengan pariwisata, tim binaan Gerakan Nasional 1000 Startup termasuk kreatif karena bisa memotret permasalahan lain di sekitarnya sekaligus menyediakan solusi yang memungkinkan untuk diaplikasikan tak hanya di skala lokal tetapi nasional. Kendati di sisi lain, cukup disayangkan karena ide dan karya dari anak-anak muda untuk membuat Indonesia, dan Bali khususnya, lebih nyaman sebagai tempat wisata masih sangat diperlukan.

Dua startup yang terjun ke kepariwisataan itu adalah Lokaleisure, sebuah layanan travel social media dan geosocial networking yang menghubungkan kebutuhan turis satu sama lain sehingga memudahkan mereka untuk mengunjungi daerah-daerah wisata di Indonesia, serta Hi Guide, yang merupakan startup penghubung wisatawan dengan pemandu wisata yang ideal untuk liburan yang aman dan nyaman.

Setelah melalui tahapan Bootcamp ini, para peserta diharapkan sudah dapat menghasilkan sebuah strategi bisnis yang sesuai dan berkesinambungan untuk produk yang mereka hadirkan. Selain itu, mereka juga harus mempersiapkan roadmap untuk pengembangan termasuk rencana untuk meluncurkan produknya ke pasar.

Kota tuan rumah Gerakan Nasional 1000 Startup Digital berikutnya yang akan melaksanakan tahapan Bootcamp adalah Makassar. Event tersebut akan dilaksanakan pada pekan depan, yaitu pada 5-6 Agustus 2017.

 

Baca juga:

Startup Perlu Tiga Validasi Business Model Ini

Makin Maju, Apa Bekal Pede Startup Jual-Beli Barang Bekas Ini?

AyoPoligami.com Bermimpi Jadi Media Sosial Top dari Indonesia