Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
GIGABYTE Z490 AORUS, Motherboard Dengan Manajemen Daya dan Thermal Terbaik
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - GIGABYTE TECHNOLOGY Co. Ltd., produsen terkemuka untuk motherboard dan kartu grafis, hari ini mengumumkan motherboard Z490 AORUS baru untuk prosesor Intel CoreTM Generasi ke-10. Mengedepankan rancangan daya digital hingga 16-fasa dan rancangan heatsink Fins-Array II yang lebih mutakhir sehingga tiap fasa bisa menangani hingga 90 ampere, Lini GIGABYTE Z490 AORUS Z490 ditujukan dengan manajemen daya dan thermal terbaik untuk mengoptimalkan kinerja overclock di prosesor Intel CoreTM seri K 10-inti.

Motherboard GIGABYTE Z490 AORUS menggunakan topologi memory Daisy Chain dengan rancangan anti-gangguan untuk meningkatkan overclock memori dan kestabilan.

Motherboard GIGABYTE Z490 AORUS model tertentu menawarkan kualitas audio teratas, I/O kaya fitur dengan pelindung I/O terintegrasi, Thermal Guard II Technology terbaru, dan masih banyak lagi. Kinerja, manajemen daya, thermal, audio, seluruhnya ada di motherboard GIGABYTE Z490 AORUS bagi pengguna yang mendambakan kemampuan terbaik komputasi ke level lebih tinggi.

Prosesor Intel Core generasi ke-10 dengan mikro arsitektur terbaru telah hadir. Datang bersama socket LGA 1200 yang berarti platform-platform lama tidak kompatibel bahkan dengan pembaruan BIOS. Intel Core i9-10900K mengalahkan prosesor-prosesor generasi sebelumnya dengan menghadirkan 10 inti dan 20 thread bersama dengan cache 20MB, dan TDP 125W.

Dengan Turbo Boost Max, prosesor ini mampu mencapai 5GHz hampir di semua inti/core. Peningkatan jumlah inti/core dan frekuensi standar hampir pasti menuntut konsumsi daya lebih tinggi karena untuk mencapai 5,3GHz di semua inti, TDP lebih dari 200W mungkin akan diperlukan.

Motherboard GIGABYTE Z490 AORUS memiliki fitur-fitur seperti rancangan daya digital 16-fasa dengan tiap fasa bisa menyimpan hingga 90 ampere dengan desain Smart Power Stage, atau desain manajemen daya langsung 12-fasa yang dipasangkan dengan Power Stages DrMOS yang lebih tahan lama untuk menghasilkan maksimal 1440 ampere, menghasilkan keseimbangan daya terbaik. Konektor pin daya solid di motherboard GIGABYTE Z490 AORUS memastikan penghantaran daya stabil sekaligus meningkatkan respon transient VRM antara beban tinggi dan rendah, meningkatkan stabilitas prosesor sehingga pengguna tidak dipusingkan dengan kegagalan overclock yang diakibatkan pasokan daya yang tidak stabil.

Motherboard GIGABYTE Z490 AORUS dirancang dengan fokus khusus pada penyebaran panas. Dimulai dari GIGABYTE Z490 AORUS PRO, lini ini mengimplementasikan teknologi Fins-Array II yang mengedepankan sebuah heatsink tipe stack fin yang di desain ulang, memiliki luas permukaan tiga kali lipat dibandingkan heatsink tradisional dan juga memperkenalkan fin yang dibentuk ulang, memungkinkan pelepasan panas yang lebih baik.

Teknologi Direct-Touch Heatpipe II mengedepankan heatpipe direct touch 8mm yang lebih besar dengan jarak yang di perpendek dan area kontak lebih besar dengan heatpipe, untuk mempercepat transfer panas dari VRM ke heatsink, sehingga secara signifikan menurunkan suhu. Motherboard GIGABYTE Z490 AORUS mengimplementasikan thermal pad LAIRD 7,5W/mk generasi baru yang menawarkan empat kali lipat penyerapan panas dibandingkan thermal pad tradisional sekaligus meningkatkan kontak antara VRM dan thermal pad yang juga meningkatkan penyerapan panas keseluruhan. Fungsional dan bergaya, pelat metal menambah kekokohan dan kekuatan ke motherboard sementara pelapisan nanocarbon dengan cepat menyebarkan panas dari komponen di bagian belakang dan PCB.

Selain pengelolaan daya dan thermal, motherboard GIGABYTE Z490 AORUS memiliki konfigurasi memori yang mengesankan dengan kapasitas memori 32GB per modul.

Topologi memori Daisy Chain dan desain anti-gangguan yang unik dari PCB memastikan konfigurasi memori sesuai dengan kebutuhan sebagian besar pengguna. Sirkuit memori ditanamkan di dalam lapisan dasar PCB sementara lapisan luar metal dari PCB mengurangi ganguan elektromagnetik sehingga konfigurasi dual kanal lebih maksimal dalam kinerja overclock RAM kecepatan tinggi dan stabil hingga kecepatan DDR4 4800MHz.

GIGABYTE Z490 AORUS XTREME mengedepankan desain SMT Memory DIMM ekslusif yang menggunakan teknologi solder pelekatan pada permukaan sehingga titik-titik solder di slot memori terpasang dengan halus di PCB. Hal ini mengurangi gangguan sinyal antara fiber cloths yang terbuka di PCB dan memori. Fungsi stabilisasi sinyal dari kapasitor Polymer tantalum di bagian belakang slot memori semakin meningkatkan kestabilan motherboard khususnya ketika overclock di XMP frekuensi tinggi.

Selain prosesor dan RAM, penyimpanan juga merupakan komponen PC yang penting dalam kinerja PC. Motherboard GIGABYTE seri Z490 menggunakan PCB kelas PCIe 4.0, slot PCIe, slot M.2, dan pengendali untuk kualitas bandwidth tertinggi.

Meskipun kapasitas penyimpanan di SSD NVMe M.2 terus meningkat dan banyak SSD memiliki komponen pada dua sisi, heatsink SSD M.2 di sebagian besar motherboard hanya mencakup satu sisi SSD, sehingga drive penyimpanan rentan terhadap panas berlebih. Untuk menjawab masalah ini, motherboard GIGABYTE Z490 AORUS tertentu dilengkapi dengan Thermal Guard II.

Dengan beberapa penyesuaian unik dari heatsink M.2 generasi sebelumnya, desain yang baru dipatenkan ini memastikan kedua sisi SSD M.2 mendapat pendinginan yang cukup untuk mencegah throttling thermal dalam operasional kecepatan-tinggi.

Motherboard GIGABYTE AORUS Z490 tertentu dilengkapi dengan pelindung I/O fleksibel yang sudah dipatenkan, menambah sentuhan baik ke estetika keseluruhan tapi yang lebih penting lagi memungkinkan penjajaran yang lebih mudah antara motherboard dan casing. Pelindung ini menghasilkan perlindungan tambahan ke panel belakang kaya fitur yang memiliki slot USB 3.1 Gen2, Ethernet 2.5G dan 10G, konektor audio, dan antarmuka ekspansi Thunderbot 3.

Tambahan tombol-tombol QFLASH dan Clear CMOS membuat penanganan masalah sistem atau pembaruan BIOS tanpa instalasi prosesor menjadi lebih mudah dan lebih nyaman. Intel® 2.5Gbps Ethernet yang ada di motherboard ini menawarkan konektivitas ultra-cepat yang 2,5 kali lebih cepat dibandingkan Gigabit Ethernet. Motherboard ini juga mengimplementasikan sebuah adapter jaringan Intel® WiFi 6 802.11ax dan antena pintar AORUS high-gain WiFi yang menghasilkan kecepatan hingga 2,4Gbps. Konfigurasi Ethernet dan WiFi ultra cepat memungkinkan pengguna untuk memiliki konfigurasi fleksibel dengan konektivitas internet ultra-cepat dan stabil.

Untuk audio, GIGABYTE selalu terdepan. Motherboard GIGABYTE Z490 AORUS tertentu menggunakan chip audio ALC 1220-VB dengan kombinasi kapasitor audio kelas-studio WIMA FKP2 untuk menghasilkan audio Hi-Fi kelas studio. Desain audio ekslusif GIGABYTE mengintegrasikan ESS SABRE DAC, sering digunakan di perangkat-perangkat audio professional, dan juga DTS : X Ultra guna menghasilkan audio Hi-Fi untuk pengalaman suara yang paling imersif, untuk gaming, menonton film atau mendengarkan musik.

Motherboard flagship GIGABYTE Z490 AORUS XTREME memperkenalkan ESSential USB DAC lewat antarmuka USB Type C dan konverter ESS SABRE HiFi ES9280C PRO terintegrasi sehingga pengguna bisa menggunakan sebuah slot USB yang diubah menjadi output sumber suara 3,5mm alih-alih jack audio. ESSential USB DAC juga bisa digunakan dengan ponsel atau tablet Android yang memiliki antarmuka USB Type C untuk pengalaman audio yang lebih imersif.

Motherboard GIGABYTE Z490 AORUS membawa kembali berbagai teknologi favorit pengguna seperti RGB Fusion dengan dukungan untuk strip pencahayaan digital, Smart Fan 5 Technology, USB TurboCharger untuk pengisian daya ultra-cepat di ponsel, dan teknologi-teknologi lainnya. GIGABYTE BIOS telah seluruhnya diubah dengan antarmuka grafis baru yang menampilkan informasi penting mengenai kecepatan, memori, perangkat-perangkat memori, status/pengaturan kipas, dan informasi perangkat keras penting lainnya dengan cara yang lebih intuitif dan ramah pengguna. Teknologi Q-Flash Plus memungkinkan pengguna untuk menyimpan BIOS sistem dalam sebuah flash drive USB tanpa instalasi CPU, RAM, GPU, dan periferal-periferal lain

Motherboard GIGABYTE Z490 AORUS menawarkan serangkaian fitur-fitur menarik untuk overclock, gaming, dan masih banyak lagi. Dengan teknologi Ultra-Durable milik GIGABYTE, kapasitor solid, desain daya digital dengan desain kendali kipas cerdas, seluruh motherboard baru ini bisa menghemat energi sekaligus ramah lingkungan sementara menawarkan kinerja dan ketahanan terbaik. Motherboard GIGABYTE Z490 AORUS Gaming mewakili teknologi PC generasi berikutnya.

SHARE:

OPPO akan Ungkap Teknologi Mutakhir Baru di INNO DAY 2022

ColorOS 13 Menjamin Pembaruan Software yang Lebih Panjang