Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Go Cloud, Go Global: HUAWEI CLOUD Dukung Ekspansi Global Perusahaan-Perusahaan Internet di Asia Pasifik
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Bersama usainya gelaran HUAWEI CLOUD Asia Pacific Internet Industry Summit Online, Huawei, mengumumkan serangkaian strategi komprehensif yang mendukung perusahaan-perusahaan di kawasan Asia Pasifik dalam melakukan ekspansi bisnis hingga ke kancah global, melalui diperkenalkannya sejumlah teknologi inovatif terkemuka di bidang 5G, cloud, dan AI.

Dengan mengambil tema, "Go Cloud, Go Global," perhelatan ini menyoroti mengenai rencana Huawei untuk memperluas ekosistem ke depannya, di mana Huawei mengajak kalangan pengguna, pelanggan, akademisi, pakar, bisnis, hingga anggota komunitas dapat bersama- sama mendayagunakan solusi-solusi cloud, AI, 5G, dan Internet yang dihadirkan oleh Huawei untuk keberhasilan bersama. Rencana ini meliputi pengembangan ekosistem Huawei Mobile Services (HMS) global melalui penyediaan insentif senilai US$100 juta untuk upaya penggelaran sumber-sumber yang lebih baik lagi, guna mendukung perusahaan-perusahaan Internet di kawasan Asia Pasifik dalam mengembangkan sayap hingga ke kancah global.

Establishment of Global Huawei Mobile Services (HMS) Ecosystem

"Melalui pemanfaatan konektivitas, layanan, dan ekosistem jaringan global yang kami miliki, HUAWEI CLOUD menawarkan platform terbuka yang tersedia dan dipercaya secara global untuk mendukung perusahaan-perusahaan Internet dalam melakukan ekspansi bisnis hingga ke kancah internasional," tutur Mark Chen, Director of the International Business Department di HUAWEI CLOUD.

Hingga saat ini, sejumlah 228 perusahaan yang tergabung dalam daftar 'Global 500 companies' serta 58 perusahaan dalam dafftar 100 perusahaan terkemuka dunia memilih Huawei sebagai mitra terpercaya mereka dalam mendukung terlaksananya transformasi digital di perusahaan. Melalui ekosistem ini, mitra dan pengembang dapat mendayagunakan layanan pada HUAWEI CLOUD, sekaligus mengoptimalkan pemanfaatan teknologi-teknologi AI, 5G, dan big data untuk mendukung aplikasi-aplikasi cerdas. Berkat dukungan Huawei, tak sedikit perusahaan di Singapura, Malaysia, hingga Thailand yang kini telah sukses mengepakkan sayapnya hingga ke kancah global.

Pada kesempatan yang sama, Huawei juga mengumumkan program Brilliant Plan, yakni sebuah skema global ekosistem yang sebelumnya telah diinisiasi di kawasan Asia Pasifik, sebagai bentuk aliansi antara perusahaan-perusahaan Internet bersama perusahaan- perusahaan telekomunikasi global dengan mengoptimalkan keberadaan Huawei di kancah global secara luas, serta 20 tahun lebih kehadirannya di kawasan ini.

"Huawei punya misi membangun sebuah ekosistem yang dapat menghadirkan kemudahan- kemudahan bagi perusahaan-perusahaan Internet dalam mengembangkan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan telekomunikasi setempat," ujar Zhang Jing, Director of Carrier Business and Network Consultancy Department di Huawei Asia-Pacific. "Ini tentu sebuah kesempatan yang luar biasa bagi mereka ketika hendak memasuki pasar-pasar baru di kancah global."

Sejumlah mitra domestik juga mengapresiasi dukungan dari Huawei yang begitu menyeluruh ini. SHAREit, salah satunya, yakni sebuah platform distribusi konten satu atap yang tengah menanjak popularitasnya dengan basis pengguna mencapai 1,8 miliar secara global, dengan sekitar 600 juta pengguna aktif (MAU) tiap bulannya.

"HUAWEI CLOUD mendukung kami melalui infrastruktur berperforma tinggi yang dihadirkannya. Layanan big data dan intelligent recommendation yang didayai AI milik Huawei mendukung kami dalam menyuguhkan pengalaman yang lebih terpersonalkan bagi pengguna," ungkap Henry Yu, Data R&D Director, SHAREit.

Henry Yu, Data R&D Director of SHAREit

Akses yang dihadirkan oleh HUAWEI CLOUD menghadirkan beragam peluang bisnis yang luar biasa, seperti yang disampaikan dalam buku putih 'Huawei Cloud's 2020 Go Global White Paper for Internet Companies,' yang dirilis pada perhelatan puncak kali ini. Buku putih ini mengulas secara mendalam mengenai prospek sekaligus tantangan yang dihadapi oleh industri berbasis Internet saat ini.

Di lain pihak, operator mobile gaming, seperti NetEase Games justru mengalami pertumbuhan yang luar biasa di tengah pandemi. Hadirnya layanan cloud yang tangguh menjadi kunci untuk diraihnya pertumbuhan bisnis yang luar biasa di segmen industri ini.

"HUAWEI CLOUD dalam hal ini turut memuluskan jalan kami dalam menapaki keberhasilan yang kami raih sekarang ini, dengan kata lain bahwa kami sering menggelar game di wilayah- wilayah di mana telah tersedia layanan data center HUAWEI CLOUD," ujar Wang Xi, CEO, Booming Games of NetEase Games.

Wang Xi, CEO, Booming Games of NetEase Games

Perhelatan puncak kali ini menjadi ajang berkumpulnya para ahli dari 10 negara di kawasan Asia Pasifik untuk berdiskusi dan berbagi pandangan mengenai lanskap industri terkini dan dinamikanya, sekaligus bagaimana peran penting ekosistem dalam mendukung pertukaran informasi dan inovasi, serta penjaringan SDM baru di industri. Selain itu, Huawei juga memperkenalkan serangkaian solusi yang mendukung terlaksananya transformasi digital bagi beragam skala perusahaan, serta bagaimana kolaborasi ini dapat terlaksana secara lebih baik dalam mendorong tumbuhnya sektor-sektor teknologi.

HUAWEI CLOUD menghadirkan layanan cloud yang cepat, stabil, andal dan berkesinambungan bagi perusahaan-perusahaan. Dari laporan dari IDC terbaru disampaikan bahwa untuk pasar hybrid cloud Asia Pasifik HUAWEI CLOUD berada posisi ketiga terbesar, sekaligus menjadikannya sebagai salah satu penyedia layanan cloud terbesar di pasar tersebut.

SHARE:

Prosa.ai Hadirkan Inovasi Terbaru Text-to-Speech dengan 40 Suara Beragam

Dijegal AS, Pendapatan Huawei Justru Naik di 2023