Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Gojek Dukung 100.000 UMKM Migrasi ke Bisnis Online di Tengah Pandemi COVID-19
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Gojek kembali membuktikan kepemimpinan dan keandalannya sebagai super app terdepan di Indonesia dengan menyediakan solusi dan perangkat lengkap agar UMKM mudah bermigrasi hingga mengembangkan bisnisnya secara online di tengah pandemi COVID-19.

Di dalam 3 bulan terakhir, Gojek telah membantu lebih dari 100.000 UMKM untuk memperluas pasar ke bisnis online. Saat ini konsumen lebih memilih berbelanja online sebagai salah satu kebiasaan baru dalam beradaptasi dengan perilaku hidup bersih dan sehat (new normal).

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan, "Di saat seperti ini, sangat penting bagi UMKM untuk memiliki kemampuan melakukan transformasi digitalisasi dan masuk ke bisnis online. Restoran, kafe hingga toko kelontong kini tidak bisa hanya bergantung pada pelanggan yang datang ke lokasi. Membantu UMKM mengadopsi teknologi telah menjadi DNA Gojek sejak awal berdiri, dan kemampuan ini semakin dibutuhkan untuk membantu UMKM di masa seperti ini."

"Gojek menyediakan solusi menyeluruh yang dibutuhkan UMKM untuk dapat mengembangkan bisnis secara online, mulai dari aspek pemasaran, pengambilan pesanan, pembayaran, pengiriman, hingga manajemen bisnis. Gojek telah menempati posisi terdepan sebagai platform multi-layanan yang terus diandalkan oleh pengguna dan mitra kami. Hal ini tercermin dari sekitar 100.000 UMKM yang bergabung di platform Gojek dalam tiga bulan terakhir. Kami berharap upaya mendorong UMKM masuk ke bisnis online dapat mendukung pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi di masa pandemi," ujar Andre.

Gojek telah menjadi pemimpin dalam mendukung transformasi UMKM dari offline ke online dengan fokus di dua area utama, antara lain:

  • Ekosistem terlengkap dan terintegrasi

Gojek memiliki sejumlah solusi dan perangkat guna membantu UMKM migrasi dan mengembangkan bisnis secara online, seperti:

  1. Layanan on-demand terdepan guna membantu UMKM menjangkau jutaan pelanggan, diantaranya GoFood, GoPay, dan GoSend.
  2. Berbagai inovasi guna mendorong bisnis UMKM, seperti:
    1. GoBiz yang merupakan aplikasi handal multifungsi dan mudah digunakan untuk membantu UMKM dalam mengelola dan mengembangkan bisnis secara online
    2. Selly, aplikasi yang memungkinkan UMKM lebih optimal meningkatkan penjualan dengan menyasar pelanggan potensial melalui media sosial dan layanan on-demand Gojek.
    3. Layanan Point of Sales (PoS) yang mendukung UMKM mengelola transaksi dan pembukuan secara sistematis. Gojek baru-baru ini mengakuisisi Moka yang merupakan penyedia layanan PoS terbesar di Indonesia untuk memperkuat kemampuan dalam mendukung UMKM melalui berbagai inovasi.

Keseluruhan perangkat tersebut terintegrasi di ekosistem Gojek dan secara solid mendukung pertumbuhan bisnis UMKM. Di samping itu, Gojek juga memberikan pelatihan wirausaha kepada UMKM seperti kiat berjualan online, promosi, tips mengatur keuangan dan lainnya.

  • Kemitraan

Gojek saat ini telah bermitra dengan berbagai institusi pemerintah antara lain Kementerian Pertanian (Kementan) guna mendorong pertumbuhan UMKM secara online. Kerja sama Gojek dan Kementan memungkinkan pedagang di Pasar Mitra Tani untuk menjangkau pelanggan lebih luas di platform Gojek.

Gojek juga mendukung gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi oleh Pemerintah Indonesia. Melalului #BanggaBuatanIndonesia, Gojek menghubungkan ratusan ribu UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia ke jutaan pelanggan Gojek.

Manfaat dari solusi terintegrasi Gojek sangat dirasakan oleh para UMKM yang telah migrasikan bisnisnya ke online. Salah satu UMKM yang sukses terjun ke bisnis online di tengah pandemi COVID-19 adalah Said Adhani Prima, pemilik Ganci Unyu Muslimah di Yogyakarta.

"Pandemi COVID-19 membuat berbelanja secara online menjadi hal yang normal bagi pelanggan kami. Para pelaku UMKM seperti saya, harus bisa memastikan produk-produk kami tersedia secara online. Layanan dan fitur di ekosistem Gojek dapat membantu saya secara cepat membuka toko online; mempermudah pelanggan kami dalam menjalankan proses pemesanan dengan Aplikasi Selly, bertransaksi dengan GoPay serta melakukan pengiriman dengan GoSend. Pendapatan saya meningkat. Sebelumnya saya tidak pernah mengira kalau menjual secara online itu mudah."

Upaya mendukung UMKM untuk terjun ke bisnis online di tengah pandemi ini baru permulaan saja. Gojek akan menghadirkan berbagai inovasi lainnya untuk mendukung UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

SHARE:

Tren Kuliner GoFood Sepanjang 2023, Olahan Mie hingga Kopi Susu Jadi Menu Terlaris

Gaet Lebih Banyak Pelanggan Jelang Nataru, Gofood Hadirkan Fitur Promo dan Iklan Bagi Para Mitra