Technologueid, Jakarta – GoJek telah berkembang jadi salah satu perusahaan rintisan terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 250 ribu mitra pengemudi. Penyedia layanan transportasi berbasis aplikasi ini mengaku terus berusaha memberi nilai lebih bagi para mitra pengemudinya.

Salah satunya berupa kerjasama dengan tiga bank terkemuka di Indonesia yakni BTN, PermataBank Syariah dan BNI Syariah untuk program Swadaya dengan langkah perluasan akses layanan perbankan kepada mitra pengemudi motor maupun mobil yang dimilikinya.

Nadiem Makarim, CEO GoJek Indonesia menuturkan bahwa melalui program Swadaya para mitra GoJek bisa mengakses layanan jasa keuangan (perbankan dan asuransi), cicilan otomatis yang terjangkau, diskon untuk kebutuhan sehari-hari, akses terhadap kesempatan bisnis untuk meningkatkan pendapatan keluarga serta pelatihan berkendara.

“Para pekerja sektor informal seperti mitra kami sering dianggap tidak bankable sehingga mengalami kesulitan saat mengakses produk perbankan. Kerjasama ini akan membuat para mitra kami punya akses pada KPR, tabungan haji dan umrah yang sebelumnya tidak bisa mereka dapatkan. Ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan kami meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia,” jelas Nadiem.

Kerjasama dengan tiga bank nasional tersebut diakui Nadiem akan membuat para mitra GoJek bisa mengakses produk bank seperti KPR dari BTN, tabungan haji dari PermataBank Syariah dan BNI Syariah untuk tabungan umrah.

Sebelumnya, GoJek juga sudah bekerjasama dengan lembaga jasa keuangan lain untuk membantu mitra mendapatkan akses kepada produk tabungan dan ATM serta asuransi. Di tahap awal, kerjasama dengan tiga bank ini sudah bisa dinikmati oleh mitra di kawasan Jabodetabek.

“Melalui BTN, para mitra driver GoJek dapat memiliki rumah dengan DP yang terjangkau dan suku bungan yang rendah selama 20 tahun, mereka juga bisa memanfaatkan KPR BTN Mikro untuk pekerja informal yang sudah kami miliki sebelumnya,” ujar Handayani, Direktur Bank BTN.

Direktur PermataBank Syariah, Achmad K. Permana menyebutkan kerjasama yang dijalin dengan GoJek akan membuat mitra pengemudinya punya kesempatan lebih besar mewujudkan impiannya dalam menunaikan ibadah Haji.

“Dengan besar tabungan yang relatif terjangkau, kami berharap layanan yang kami berikan ini dapat memberikan manfaat bagi mitra dan membuat semakin bersemangat dalam berkarya,” papar Achmad di kantor GoJek di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

Sementara Abdullah Firman Wibowo, Direktur Utama BNI Syariah menjelaskan kerjasama dengan BNI Syariah, para mitra pengemudi GoJek dapat berangkat ke Tanah Suci untuk Umrah dengan menabung Rp 25 ribu sampai Rp 35 ribu per hari selama 2 tahun.

Program yang baru diluncurkan GoJek ini diklaim sudah mendapat sambutan baik dari para mitranya. Tercatat sudah ada 972 mitra yang mengikuti program KPR dari BTN, 162 mitra mengikuti program Tabungan Haji dari PermataBank Syariah dan 126 mitra mengikuti program umrah dari BNI Syariah.

Baca juga :
Go-Jek Kantongi Rp16 Triliun, Siapa Penyuntiknya?
Tim Pengembangan Alat Pelacak Resmi Menangkan Kompetisi Go-Jek, Go-Hackathon
Dukung Grab, Uber, dan Go-Jek, Netizen ‘Demo’