Gojek Rekrut CTO Baru, Veteran dari Amazon dan Microsoft

Technologue.id, Jakarta – Gojek resmi mengangkat Severan Rault sebagai Chief Technology Officer (CTO) baru. Rault yang sebelumnya memegang posisi kepemimpinan di Amazon dan Microsoft, mengambil alih peran dari Ajey Gore, yang mengundurkan diri bulan lalu karena alasan pribadi.

Dalam sebuah pernyataan, perusahaan ride hailing itu menjelaskan tugas Rault untuk mengawasi tim engineering Gojek di Asia Tenggara dan India. Ia akan melapor kepada co-chief executive officer Kevin Aluwi.

Baca Juga:
Tutup Layanan GoLife dan GoFood Festival, Gojek Fokus pada Layanan Inti

Rault memiliki sejarah panjang dalam tim engineering terkemuka di perusahaan teknologi besar, serta perusahaan rintisannya sendiri.

Sebelum bergabung dengan Gojek, Rault bekerja di Betawave, sebuah studio virtual reality yang ia dirikan pada 2016. Selama masa tugasnya di Amazon, Rault adalah salah satu pendiri Prime Air, program pengiriman paket menggunakan drone.

Sedangkan di Microsoft, ia adalah arsitek utama Bing, mesin pencari serupa Google Search. Pengalaman Rault lainnya termasuk mendirikan Kikker Interactive, penyedia solusi nirkabel yang diakuisisi oleh Microsoft pada 2008.

Baca Juga:
Percepat Digitalisasi UMKM, Gojek Gratiskan Biaya Transaksi Online Lewat Midtrans

Penunjukan Rault datang pada saat yang kritis untuk Gojek karena menghadapi persaingan dari Grab dan berurusan dengan dampak pandemi COVID-19.

Bulan lalu, Gojek telah merumahkan 430 karyawan, atau sekitar 9% dari tenaga kerjanya. Perusahaan juga menutup GoLife, divisi layanan gaya hidup, untuk fokus pada pembayaran digital GoPay, transportasi online, dan bisnis pengiriman makanan sebagai bagian dari respons jangka panjangnya terhadap pandemi.

Dalam pernyataannya, Rault berkata, “Ini adalah waktu yang tidak ada bedanya untuk berada di Gojek. Perusahaan memasuki fase kritis ketika bergerak dari startup ke pematangan dan khusus untuk menjadi bagian dari itu. Membangun sistem dan proses untuk bisnis skala dan kompleksitas Gojek adalah tantangan yang jarang dinikmati dalam karier mereka dan saya berterima kasih atas kesempatan itu.”