Technologue.id, Jakarta – Pastinya, Anda sudah familiar dengan prediksi di Google Search. Tahu kan? Fitur inilah yang memungkinkan Anda melakukan pencarian dengan cepat karena tak perlu memasukkan semua keyword yang Anda kehendaki. Sebab, Google Search dengan sigap akan memberikan rentetan rekomendasi topik yang Anda cari dari kata kunci awal yang Anda masukkan.

Untuk meningkatkan fitur auto-complete ini, Google tengah berusaha meningkatkan experience netizen dengan menghilangkan saran keyword pencarian yang tak wajar. Lewat blog resminya (20/04/2018), anak perusahaan Alphabet Inc. itu menuliskan kalau prediksi berbau seksual, kekerasan, serta ujaran kebencian kepada kelompok atau individu tertentu berdasarkan ras, agama, dan orientasinya bakal dimusnahkan.

Baca juga:

Aneh, Pengguna Gmail Kena Spam dari Dirinya Sendiri

- Advertisement -

Raksasa internet tersebut juga akan me-remove suggestion terkait spam, pembajakan, dan prediksi-prediksi yang berpotensi mengejutkan warganet atau yang tak diinginkan.

Sebagai gambaran, prediksi yang disajikan oleh Google Search tersebut berdasarkan pencarian riil yang ramai dilakukan oleh netizen sedunia. Kebijakan baru ini mungkin butuh waktu untuk bisa bekerja secara sempurna.

Baca juga:

Google Siapkan Aplikasi SMS Canggih, Begini Nasib Aplikasi Allo

Untuk itu, Google juga meminta bantuan Anda untuk menandai saran pencarian yang tak wajar. Terdapat tautan bertuliskan “Report inappropriate predictions” di bawah daftar prediksi di kolom pencarian Google. Klik saja link tersebut jika Anda menemukan prediksi yang perlu dihapus dari Google Search.

Baca juga:

Saingi Google Jamboard, Samsung Hadirkan Papan Meeting Canggih

Sekadar saran, karena mungkin saja lirik lagu mengandung kata-kata sensitif, ke depannya Google Search bisa saja memblokir potongan lirik lagu favorit Anda. Namun, Anda bisa menambahkan keyword “lirik” agar Google “memaklumi” apa yang Anda maksud.