Google Bakal Singkirkan File APK

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Google akan mengganti format file Android Package atau biasa disingkat APK (.apk) dengan format yang baru, mulai Agustus mendatang.

Dilansir dari 9to5Google (1/7/2021), mulai bulan depan, raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu bakal menggunakan Android App Bundle atau disingkat AAB (.aab).

“Google Play akan mulai mewajibkan aplikasi baru untuk didistribusikan dengan format Android App Bundle mulai Agustus 2021. Ini akan menggantikan APK sebagai format distribusi standar,” tulis Dom Elliott, Product Manager Google Play, melalui sebuah postingan di blog resmi Android Developers, baru-baru ini.

Keputusan ini diambil Google karena format AAB dinilai memberikan lebih banyak manfaat untuk pengembang dan pengguna aplikasi Android.

Untuk informasi, APK (.apk) merupakan format yang biasa digunakan para pengembang aplikasi Android untuk mendistribusikan aplikasinya.

Elliott menyebutkan, format AAB ini memungkinkan ukuran aplikasi menjadi 15 persen lebih kecil, bila dibandingkan dengan aplikasi yang didistribusikan dalam format APK. Dengan ukuran aplikasi yang kecil, ini membuat aplikasi lebih cepat di-download.

“Dua hal itu dapat menghasilkan lebih banyak penginstalan dan lebih sedikit uninstall (pencopotan),” tulis Elliott.

Google juga mengklaim sudah ada lebih dari 1 juta aplikasi dan game yang sudah diplublikasikan di Google Play menggunakan format baru ini.

Elliott menjelaskan, penggunaan format baru AAB ini hanya diwajibkan bagi aplikasi baru yang akan didistribusikan pada Agustus 2021 nanti.

Selain mengubah format, Google juga mewajibkan pengembang untuk mengganti penggunaan ekstensi file OBB dengan Play Asset Delivery dan Play Feature Delivery, untuk mengirimkan aset atau fitur yang ukuran unduhannya lebih dari 150 MB.

Karena, penggunaan ekstensi file OBB ini tidak akan mendapat dukungan lagi setelah perubahan format dari APK ke AAB.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories