Technologue.id, Jakarta – Chromebook awalnya dirancang untuk kalangan menengah ke bawah dan pelajar yang memiliki budget terbatas namun membutuhkan laptop sebagai penunjang aktivitas sehari-hari. Namun kini, Google dan Dell mencoba menghadirkannya untuk kalangan enterprise.

Mengutip dari TheVerge (26/08/19), Google dilaporkan baru saja meluncurkan perangkat Chromebook Enterprise yang diharapkan dapat menunjang aktivitas bisnis tanpa harus menggunakan lisensi Windows. Hal itu dilakukan dengan cara bekerja sama dengan Dell sebagai salah satu vendor laptop ternama.

Tak cuma menyediakan perangkat keras, Dell sebelumnya juga sudah menjalin kerja sama dengan Google untuk mengembangkan Chrome OS agar cocok untuk kalangan enterprise dan berbagai kebutuhan IT bagi para karyawan yang bekerja di perusahaan.

“Berbeda dengan Windows, Chromebook tidak terkena serangan malware atau virus. Keamanannya pun lebih sulit ditembus.”, kata John Solomon, Vice President Chrome OS, Google.

Untuk produknya sendiri, kali ini Dell meluncurkan Latitude 5400 dengan layar 14 inci dan Latitide 5300 2-in-1 dengan layar 13 inci yang masing-masing dijual seharga US$699 dan US$819. Keduanya ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 generasi kedelapan, RAM hingga 32 GB, dan SSD hingga 1 TB.