Google Doodle Angkat Tema Hari Kemerdekaan Indonesia di Tengah Pandemi

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Tema Hari Kemerdekaan Indonesia menghiasi Google Doodle hari ini, Selasa 17 Agustus 2021. Google Doodle tersebut menampilkan ilustrasi keragaman budaya yang ada di Indonesia.

Dikutip dari Google, tampilan Google Doodle hari ini diilustrasikan oleh Kathrin Honesta.

Ia mengilustrasikan Hari Kemerdekaan Indonesia, yang secara resmi dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai Hari Kemerdekaan dan bahasa sehari-hari sebagai Tujuhbelasan (“Ketujuh Belas”).

Baca Juga:
Google Doodle Olimpiade Tokyo Berupa Game 16-bit, Bisa Dimainkan

Pada tema Google Doodle hari ini, disebutkan bahwa Indonesia adalah rumah bagi lebih dari 300 kelompok etnis dan bahasa yang unik.

Perayaan Hari Kemerdekaannya mencerminkan identitas multikulturalnya sambil juga mempromosikan solidaritas di dalam komunitas lokal sesuai dengan moto negara “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu”.

Acara Hari Kemerdekaan mencakup segala hal, mulai dari peragaan busana kostum tradisional, pacuan kuda hingga festival.

Berbagai macam perayaan dapat diamati seperti, pertunjukan lagu dan tarian tradisional Indonesia dalam parade karnaval tahunan yang ada di seluruh Nusantara.

Baca Juga:
Google Doodle Tampilkan Sosok Sariamin Ismail, Siapa Dia?

“Setiap huruf dalam karya seni Doodle menggambarkan unsur-unsur yang umum dalam perayaan Hari Kemerdekaan. Dimulai dengan sasando, alat musik harpa senar sembilan yang terbuat dari bambu dan daun lontar asli Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur,” jelas pihak Google.

Namun, tahun ini perayaan Hari Kemerdekaan memiliki makna berbeda di mana seluruh masyarakat harus tetap kuat untuk saling melindungi dan tetap merayakan di rumah.

Uniknya, tema budaya khas Indonesia ini juga tetap mengampanyekan peduli pencegahan covid-19. Terlihat dari sosok-sosok yang ada dalam Doodle tersebut mengenakan masker bercorak batik.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories