Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Google Doodle Pajang Pahlawan Nasional Rasuna Said
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Google menampilkan sosok HR Rasuna Said dalam Doodle-nya, pada Rabu (14/9/2022). Hal ini untuk memperingati hari lahir ke 120 pahlawan perempuan Indonesia tersebut.

Rasuna Said adalah seorang perempuan bangsawan Sumatra Barat berpredikat rangkayo. Nama lengkapnya adalah Hajjah Rangkayo Rasuna Said.

Pahlawan yang dikenal sebagai Singa Betina Pergerakan Kemerdekaan Indonesia itu diketahui sebagai sosok yang lantang bersuara membela hak-hak perempuan.

Sepanjang hidupnya, Rasuna Said yang ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada 1974 dan tokoh perempuan kesembilan yang menerima kehormatan tersebut, dikenal sebagai seorang guru dan jurnalis.

Baca Juga:
Mangkok Ayam Jago Tampil di Google Doodle

Sejak kecil, Rasuna Said telah mengenyam pendidikan Islam di pesantren, dan pernah menjadi satu-satunya santri perempuan. Sejak saat itu, Rasuna Said sangat memperhatikan kemajuan dan pendidikan bagi kaum perempuan. Ketika membantu mengajar, ia banyak mengajarkan wanita mengenai pendidikan sebagai fondasi kemajuan wanita di ranah Minang.

"Rasuna lahir di dekat Danau Maninjau di Sumatera Barat pada hari ini pada tahun 1910. Keuletan dan kecerdasannya sebagai siswa dengan cepat membuka jalan untuk menjadi asisten guru, yang memotivasi gadis-gadis muda untuk bermimpi besar," tulis Google dalam blognya.

Perjuangan Hajjah Rangkayo Rasuna Said dimulai dengan bergabung dalam Sarekat Rakyat tahun 1926. 

Baca Juga:
HUT RI ke-77, Google Doodle Pasang Ikon Perahu Pacu

Pada tahun 1931, Rasuna pindah ke Padang untuk meluncurkan divisi perempuan di PERMI. Fokusnya adalah membuka sekolah sastra untuk perempuan di seluruh Sumatera Barat. Pada tahun 1932, Rasuna ditangkap karena berbicara menentang kekuasaan Belanda. Ribuan orang menghadiri persidangannya di Payakumbuh pada tahun 1932.

Nama Rasuna Said sendiri kini diabadikan menjadi salah satu jalan utama di Jakarta dan sejumlah kantor dan hunian ibu kota.

SHARE:

Desain Stylish Itel Pad 2 Dukung Produktivitas, Ini Spesifikasi dan Harganya

Aukey Charging Station hingga Air Purifier Terbaru Banjiri Pasar Indonesia