Google Doodle Tampilkan Sosok Sariamin Ismail, Siapa Dia?

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Google Doodle tampil berbeda hari ini, Sabtu (31/7/2021). Menampilkan sosok novelis perempuan pertama di Indonesia, Sariamin Ismail.


Untuk diketahui, hari ini adalah hari ulang tahun Sariamin Ismail ke-112 tahun. Ketika Doodle diklik, maka akan muncul sejumlah keterangan tentang dirinya.

Baca Juga:

Google Doodle Olimpiade Tokyo Berupa Game 16-bit, Bisa Dimainkan


Berdasarkan informasi yang muncul, Sariamin Ismail sendiri merupakan perempuan kelahiran Talu, Talamau, Pasaman Barat, Sumatra Barat.


Ia lahir pada tahun 31 Juli 1909 dan berhasil menerbitkan novel pertamanya yang berjudul “Kalau Tak Untung” pada tahun 1934 lewat penerbit Balai Pustaka.


Dalam novelnya, Sariamin Ismail kerap memakai nama samaran Selasih dan Seleguri, atau gabungan kedua nama Selasih Seleguri.

Baca Juga:

Google Doodle Hari Ini Sajikan Informasi Vaksin Covid-19


Selain menulis novel, Sariamin Ismail juga menulis untuk sejumlah surat kabar termasuk Pujangga Baru, Panji Pustaka, Asjarq, Sunting Melayu, dan Bintang Hindia.


Tak hanya itu, ia juga aktif mengikuti kegiatan organisasi. Ia pun naik sebagai anggota parlemen daerah untuk Provinsi Riau setelah terpilih pada tahun 1947.


Hingga akhir hayatnya, 15 Desember 1995, Sariamin Ismail terus menulis. Sariamin Ismail menghembuskan nafas terakhirnya di Pekanbaru, Riau, di umur 86 tahun.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories