Google Doodle Tampilkan Tokoh Batik Indonesia

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Situs pencarian Google menampilkan Doodle berbeda hari ini, Selasa (11/5/2021). Motif batik berwarna coklat tampil menawan dengan seseorang berdiri di sampingnya.


Diketahui, ilustrasi orang tersebut merujuk pada tokoh batik Indonesia, Hardjonagoro atau Go Tik Swan. Google Doodle ini hadir dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya yang ke-90 tahun.


“Merayakan ulang tahun ke-90 Go Tik Swan!,” Kata Google dikutip dari laman resminya.

Baca Juga:

Ngobrol Sama Google Kini Tak Perlu Sebut “Oke Google”


Go Tik Swan sendiri merupakan budayawan dan sastrawan berdarah Tionghoa yang menetap di Surakarta. lahir pada tanggal 11 Mei 1931 dan meninggal pada tanggal 5 November 2006.


Semasa hidupnya, Go Tik Swan dikenal sebagai pengusaha batik yang moncer. Ia mempunyai empat tempat pembatikan, dua di Kratonan, satu di Ngapenan, dan satu lagi di Kestalan, dengan karyawan sekitar 1.000 orang.

Go Tik Swan

Baca Juga:

Hasil Foto Google Pixel 5a Beredar, Spesifikasi Smartphone Terbongkar


Ilmu membatik Go Tik Swan diperoleh langsung dari ibunda Susuhunan Paku Buwana XII. Saking cintanya dengan batik, segala sesuatu tentang batik ia dalami, termasuk sejarah hingga falsafahnya.


Dengan ilmu batiknya, Presiden Soekarno pernah menyarankannya untuk menciptakan batik pemersatu, yang dinamakan “Batik Indonesia”.


Titah itu lantas diwujudkan dengan mengembangkan pola batik dari berbagai daerah. Menariknya, modifikasi ini ia lakukan tanpa menghilangkan identitas aslinya.

- Advertisement -

Latest News

Honor Kembali Gunakan Google Mobile Services

Technologue.id, Jakarta - Sejak memanasnya perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok pada tahun 2020 lalu membuat Huawei dan Honor tidak bisa...

Huawei Tak Jadi Rilis Mate 50 Tahun Ini?

Technologue.id, Jakarta - Umumnya, hampir setiap tahun Huawei meluncurkan dua produk flagshipnya yakni seri P dan seri Mate. Namun tahun ini, sepertinya...

Bukalapak Bakal IPO pada Agustus 2021

Technologue.id, Jakarta - Perusahaan e-commerce, Bukalapak akan melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) pada bulan Agustus mendatang.

Smartfren Uji Coba 5G di Frekuensi 26 GHz, Seberapa Kencang?

Technologue.id, Jakarta - Smartfren bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menguji jaringan 5G pada Kamis (17/6/2021) dengan menggunakan frekuensi 26 GHz...

Utamakan Uji Mutu, vivo Jamin Kualitas Smartphone

Technologue.id, Jakarta - Komitmen brand smartphone vivo dalam memenuhi permintaan pasar smartphone di negeri ini tidak pernah mengendur. Hal ini dibuktikan dengan...

Related Stories