Technologue.id, Jakarta – Google Assistant bagi sebagian orang mungkin sudah sangat canggih, tapi pada kini mereka justru mengembangkannya untuk bisa lebih canggih lagi dengan nama Google Duplex. Dan kini, layanan tersebut sudah mulai bisa dinikmati oleh para pengguna gadget.

Baca Juga:
Peringati April Mop, Google Sematkan Minigame pada Aplikasi Maps

Mengutip dari TheVerge (03/04/19), Google dilaporkan sudah mulai mendistribusikan layanan Google Duplex secara global untuk platform Android dan iOS yang sebelumnya sempat dipamerkan pada Maret 2019 lalu di ajang Google I/O.

Google Duplex sendiri merupakan sebuah pengembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang memungkinkan pengguna gadget untuk menyuruhnya melakukan panggilan telepon guna memesan sesuatu, seperti reservasi restoran, kamar hotel, dan lain sebagainya.

Baca Juga:
Google Stadia Ditenagai AMD Radeon, Genjot Gaming Cloud Anti Lelet

Layanan tersebut sendiri kini sudah mulai tersedia untuk semua perangkat Android versi 5.0 (Lollipop) dan yang lebih tinggi, serta para pengguna perangkat iOS. Meski begitu sudah didistribusikan secara global, untuk sementara waktu, layanan Duplex hanya tersedia dalam bahasa Inggris dan baru bisa dinikmati oleh 43 negara bagian di Amerika Serikat.

Untuk layanan Duplex, Google tidak menyiapkan aplikasi khusus, melainkan melebur menjadi satu melalui aplikasi Google Assistant yang selama ini sudah digunakan oleh banyak pengguna gadget. Oleh karenanya, pengguna hanya perlu melakukan pembaharuan untuk aplikasi Google Assistant jika ingin mencoba layanan Duplex.