Google Kekeh Blokir AnTuTu, Kenapa?

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Google tampaknya benar-benar tidak ingin memberikan ruang bagi AnTuTu untuk eksis. Aplikasi pengujian performa ponsel itu kini dijegal dengan cara diberi label aplikasi berbahaya.

Dilansir dari Android Police pada Rabu (8/7/2020), Aplikasi asal China itu dinyatakan berbahaya oleh Google Play Protect. Para pengguna yang ingin mengunduh aplikasi ini nantinya akan diberi peringatan bahwa aplikasi ini dapat mencuri data mereka.

Baca Juga:

Aplikasi Antutu Lenyap dari Play Store, Ada Apa?

“AnTuTu Benchmark, aplikasi ini dapat mengumpulkan data yang dapat digunakan untuk melacak Anda,” tulis Google Play Protect dalam peringatannya sambil memberikan opsi kepada pengguna untuk tetap menginstall atau keluar.

Google memang masih memberikan keleluasaan bagi para pengguna menentukan pilihan untuk tetap menginstall. Namun sejumlah pihak menilai, peringatan ini akan mempengaruhi niat sebagian besar pengguna.

Peringatan Google Play Protect ini akan muncul pada aplikasi AnTuTu versi 8.3.9 dan 8.3.5 terbaru. Untuk versi 8.3.4 dan versi-versi sebelumnya, tidak ada peringatan yang dimunculkan oleh Google.

Baca Juga:

Lagi, Google Blokir Puluhan Aplikasi Android Berbahaya

Google sendiri belum memberikan penjelasan kenapa AnTuTu dinyatakan sebagai aplikasi berbahaya yang dapat mencuri data pengguna. Pihak AnTuTu juga sampai saat ini masih belum angkat suara.

Menurut kabar yang beredar, penyematan gelar aplikasi berbahaya ini dilakukan Google lantaran AnTuTu dekat dengan pengembang aplikasi bernama Cheetah Mobile. Cheetah Mobile sendiri dinilai Google sebagai pengembang aplikasi yang bandel.

- Advertisement -

Latest News

Perbedaan 5G Indosat dan Telkomsel

Technologue.id, Jakarta - Indosat Ooredoo resmi mendapat Surat Keterangan Laik Operasi atau SKLO untuk menggelar layanan 5G di Indonesia.

Review realme Buds Q2 dan Wireless 2 Neo: Bass Kental, Harga Terjangkau

Technologue.id, Jakarta - Selain smartphone, realme perlahan juga menambah jajaran produk aksesorinya, seperti headset dan True Wireless Stereo (TWS). Dan untuk pertengahan...

Laptop Gaming Razer Blade 14 Meluncur

Technologue.id, Jakarta - Razer kembali meluncurkan laptop gaming terbaru. Kali ini adalah Razer Blade 14 yang hadir dengan desain tipis.

Infinix Note 10 Pro NFC Rilis, Harga Rp 2 Jutaan

Technologue.id, Jakarta - Infinix Note 10 Pro NFC resmi meluncur di Indonesia, Selasa (16/6/2021). Smartphone ini hadir dengan performa yang lebih gahar...

realme GT 5G Melenggang di Eropa, Ini Spesifikasi-nya

Technologue.id, Jakarta - realme GT 5G resmi meluncur secara global. Sesuai dengan namanya, smartphone ini hadir membawa dukungan jaringan generasi terbaru, 5G.

Related Stories