Google Kembangkan Desain Baru untuk Chrome OS

Technologue.id, Jakarta – Berbeda dengan laptop lainnya, lini Chromebook memiliki keistimewaan tersendiri lantaran menggunakan sistem operasi buatan Google, Chrome OS. Dan ke depannya, sistem operasi tersebut akan memiliki tampilan yang lebih segar.

Mengutip dari NextPowerUp (08/07/17), Google saat ini dilaporkan tengah melakukan desain ulang terhadap Chrome OS. Ini akan membuat sistem operasi tersebut bakal punya desain antarmuka yang baru.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Google pun menyiapkan sebuah launcher baru yang kompatibel dengan Chrome OS. Kabarnya, launcher tersebut akan dirancang untuk memiliki tampilan yang lebih optimal untuk pengguna yang lebih sering memanfaatkan layar sentuh untuk melakukan navigasi.

Google memang belum rampung untuk merancang desain baru tersebut, namun saat ini pengguna sudah bisa mencicipi versi betanya dengan cara mengubah mode ke Chromebook ke “Experimental Chrome Canary”. Setelah itu, pengguna diharuskan mengaktifkan opsi “chrome://flags/#enable-fullscreen-app-list” pada browser.

Jika seluruh tahapan tersebut sudah dilakukan, pengguna hanya perlu melakukan restart, lalu launcher baru pun siap dinikmati. Namun dikarenakan masih versi eksperimen, kemungkinan pengguna bisa menemui sejumlah pesan error atau menu yang masih belum bisa diakses.

Hingga saat ini belum jelas kapan Google akan siap untuk merilis versi final dari launcher terbaru itu. Yang pasti, jika sudah dirilis, seluruh jenis Chromebook bakal kompatibel dengannya.

 

Baca juga:

Google Rilis Patch Android Security Periode Juli 2017 untuk Sejumlah Perangkatnya

Q3 2017, Google Siap Luncurkan Android O

Google Sematkan AI pada Aplikasi Photos