Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Google Kini Izinkan Pengguna Bikin Gambar AI, Ini Caranya
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Gambar generatif AI bisa diakses siapa saja yang disediakan oleh para penyedia platform. Beberapa aplikasi Android mendukung gambar hasil polesan teknologi kecerdasan buatan, termasuk Adobe Firefly.

Mengejar ketertinggalan, Google tampaknya tidak mau kalah dalam menyediakan layanan pembuatan gambar AI. Pada kamis, Google mengumumkan dua fitur menarik untuk Search Generative Experience (SGE) yang bisa dicoba oleh pengguna awal.

Baca Juga:
NASA Ungkap Sampel Asteroid Bennu Miliki Kandungan Air

Fitur yang satu ini mungkin telah ditunggu-tunggu jutaan pengguna Google, yakni membuat gambar AI generatif hanya dengan mencari di Google.

Untuk mencoba sendiri salah satu fitur AI ini, Anda harus ikut serta dalam SGE, yang merupakan eksperimen di laboratorium pencarian Google. Untuk berpartisipasi dalam uji coba fitur tersebut, pengguna bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Buka Chrome di komputer Anda.
  2. Masuk ke Akun Google Anda dengan "Mode Penyamaran" dinonaktifkan.
  3. Di bagian atas browser, klik (+) untuk membuka tab baru.
  4. Di kanan atas halaman, klik ikon Labs (terlihat seperti gelas kimia).
  5. Pada kartu SGE, ketuk tombol untuk mengaktifkan eksperimen.

Sekarang setelah Anda mengaktifkan SGE, lakukan penelusuran yang menyertakan detail deskriptif, seperti “gambar sekelompok anjing besar yang bermain poker di pantai”, SGE kemudian akan menghasilkan hingga empat gambar yang akan muncul di atas hasil pencarian.

Google juga menambahkan kemampuan untuk membuat gambar yang dihasilkan AI langsung di Google Images. Saat Anda misalnya menelusuri “dekorasi Halloween yang menyenangkan” atau “tata letak halaman baru”, Anda akan melihat perintah di antara hasil gambar untuk “Buat sesuatu yang baru”. Tekan “Hasilkan,” dan sidebar akan muncul dengan serangkaian gambar yang dihasilkan AI berdasarkan pencarian Anda.

Baca Juga:
IDC Prediksi Investasi AI Naik di Asia Pasifik, Dell Ungkap Peluang GenAI

“Meskipun AI dapat membuka kemungkinan-kemungkinan baru dan menarik, kami juga menyadari perlunya memperkenalkan teknologi ini dengan cara yang bertanggung jawab,” kata Hema Budaraju, Senior Director, Product Management, Search.

“Itulah sebabnya kami membangun perlindungan dalam pengalaman ini dan memblokir pembuatan gambar yang bertentangan dengan kebijakan larangan penggunaan AI generatif, termasuk konten berbahaya atau menyesatkan. Dan setiap gambar yang dihasilkan melalui SGE akan memiliki label metadata dan tanda air yang tertanam untuk menunjukkan bahwa gambar tersebut dibuat oleh AI," katanya.

SHARE:

Garena Undawn Hadirkan Patch Baru, Ajak Pemain Taklukan Kegelapan di Stygian City

Gara-gara Ini, Kominfo Ancam Denda Platform Digital Sebesar Rp500 Juta