Technologue.id, Jakarta – Android Pay dan Google Wallet sejatinya adalah dua aplikasi yang berbeda namun memiliki fungsionalitas yang sama. Hanya bedanya, Android Pay untuk perangkat Android saja, sementara Google Wallet lebih diposisikan sebagai layanan pembayaran digital yang lebih global. Namun sebentar lagi, keduanya bakal melebur.

Mengutip dari TheVerge.com (20/02/2018), Google dilaporkan baru saja meluncurkan sebuah aplikasi baru bernama Google Pay. Aplikasi ini sendiri bakal mengakomodir seluruh fitur antara Android Pay dan Google Wallet yang selama ini sudah digunakan oleh para pengguna layanan tersebut.

Baca juga:

Google Chrome Akan Anaktirikan Situs yang Masih “Bandel”

- Advertisement -

Aplikasi Google Pay sendiri terdiri dari dua tab, yakni Home dan Cards. Home akan menampilkan sejumlah aktivitas pembayaran terakhir, penawaran merchant terdekat, dan berbagai informasi lainnya mengenai akun pengguna. Sementara tab Cards menyajikan informasi mengenai status kartu pengguna, seperti saldo debit, saldo kredit, reward, dan gift.

Baca juga:

Ternyata Samsung dan Google Biang Kerok Baterai Boros

Dengan hadirnya Google Pay tersebut, Google sendiri berencana untuk bisa mengintegrasikan layanan tersebut pada berbagai produk Google, seperti Google Chrome dan Google Assistant. Layaknya Android Pay, melalui layanan tersebut, pengguna bisa menggunakan kartu kredit dan informasi pembayaran yang sama pada sejumlah perangkat Android dan browser Google Chrome.

Baca juga:

Cara Mudah Kembalikan Tombol ‘View Image’ Google di Browser Chrome

Bagi pengguna di Inggris, layanan Google Pay juga sudah bisa digunakan untuk melakukan transit antar kota, seperti Kiev, London, dan Portland. Ke depannya, Google pun berencana untuk melakukan integrasi yang lebih luas lagi, tak cuma pengguna akun Google dan Android, mereka juga akan bekerja sama dengan sejumlah layanan pembayaran digital lainnya.