Technologue.id, Jakarta – Google mempermudah penggunanya dalam mencari informasi keselamatan saat terjadi masalah penting dengan alat barunya SOS di dalam broswes Maps dan mesin pencarinya. Adapun masalah penting yang dimaksud adalah bencana alam, peringatan cuaca buruk dan serangan teror.

Dikutip dari Telegraph (26/5/2017), pengguna yang mencari informasi tentang bencana di Google, dan yang berada di daerah bencana akan menerima detail tambahan, seperti nomor layanan bantuan dan layanan darurat. Selain itu, pengguna juga akan menerima update berita terbaru, link ke peta sebagai akses keluar dari lokasi bencana, dengan kondisi perjalanan yang diperbarui.

Fitur peringatan SOS ini telah dibuat bersama organisasi bencana dari 12 negara. Walau hanya ada 12 negara yang berpartisipasi, namun fitur ini akan tersedia di seluruh dunia, seperti yang dikatakan oleh juru bicara Google.

Staf Google akan memanfaatkan informasi dari sumber terpercaya pemerintah dan berita, serta informasi agregat dari Google News dan aplikasi lalu lintas Waze. Dengan begitu, akurasi informasi tersebut akan semakin tinggi.

Fitur SOS telah diuji dalam beberapa bulan terakhir oleh perusahaan raksasa tersebut. Bahkan, pihaknya telah mengirimklan sebuah tes peringatan SOS selama kebakaran di Grenfell Tower, Inggris, yang mungkin telah dilihat oleh beberapa pengguna lokal.

“Pada saat krisis, akses terhadap informasi yang tepat waktu dan dapat ditindaklanjuti sangatlah penting. Sehingga, peringatan SOS hadir sebagai rangkaian fitur baru di dalam Google Search dan Maps untuk membantu Anda memahami dengan cepat apa yang sedang terjadi, dan dapat memutuskan apa yang harus dilakukan selama krisis,” tutur Yossi Matais, Wakil Presiden Teknik Google.

Baca juga:

Google Merilis Android O versi Developer Preview 4

Google Doodle Pajang McLuhan dan Karyanya, Siapa Dia?

Laman Utama Google akan Dihiasi dengan Konten Berita, Mirip Kepunyaan Facebook