Technologue.id, Jakarta – Semua indera yang dimiliki manusia tentu sangatlah berharga dan mesti dijaga. Namun ada juga mereka yang kurang beruntung mengalami gangguan pada kemampuan inderanya, salah satunya adalah gangguan pada pendengaran.

Mungkin akan adanya banyak tantangan yang menghadang mereka yang memiliki masalah pada pendengara. Entah kala beraktivitas ataupun saat berinteraksi dengan orang lain. Inilah yang menginspirasi Google untuk meluncurkan sebuah aplikasi Android yang disebut Live Transcribe.

Baca Juga:
Google Tendang 29 Aplikasi Edit Foto yang Diam-diam Curi Gambar

- Advertisement -

“Hari ini kami mengumumkan Live Transcribe, layanan Android gratis yang membuat percakapan dunia nyata lebih mudah diakses dengan membawa kekuatan teks ke dalam percakapan sehari-hari.

Diberdayakan oleh Google Cloud, Live Transcribe mampu menerjemahkan percakapan secara real-time, mendukung lebih dari 70 bahasa dan lebih dari 80 persen populasi dunia,” tulis pengumuman Google.

Baca Juga:
Google Maps Bakal Tegur Pengendara yang Suka Ngebut

Aplikasi ini memiliki fitur transkripsi suara ke dalam teks, serupa dengan input teks berbasis suara. Di mana saat Anda mengucapkan kalimat, kata-kata tersebut diubah menjadi sebuah teks yang akan tampil di layar smartphone.

Tentunya aplikasi ini akan sangat berguna bagi mereka yang kesulitan mendengar, karena mereka akan memperoleh gambaran kalimat yang diucapkan lawan bicaranya.

Aplikasi Live Transcribe saat ini telah tersedia di Google Play Store. Namun aplikasi ini masih dalam tahap early access dan sepertinya masih dalam pengembangan lebih lanjut yang mengharapkan feedback dari penggunanya.