Technologue.id, Jakarta – Hari ini Google secara resmi meluncurkan program beta dari Android O. Seperti halnya Android N pada tahun lalu, semua perangkat yang mampu mengemban sistem operasi terbaru tersebut bisa langsung mencicipinya, bahkan sebelum versi resmi diluncurkan.

Dikutip dari GSM Arena (18/5/2017), menurut daftar perangkat yang dikeluarkan oleh Google, tidak semua devices Android bisa menjalankan Android O. Adapun jenis perangkat yang terbilang tepat untuk mencicipinya adalah Google Pixel, Pixel XL, Pixel C, Huawei Nexus 6P, LG Nexus 5X, dan Asus Nexus Player.

Sebenarnya, Google telah menluncurkan versi developer preview dari Android O sejak bulan Maret lalu. Akan tetapi, pihaknya tidak menyarankan bagi mereka yang bukan bagian dari developers untuk mencobanya, karena masih terdapat banyak bugs di dalamnya.

Situasi tersebut tentu berbeda dengan versi beta, yang kemungkinan besarnya diluncurkan pada hari ini. Jumlah bugs diperkirakan lebih kecil, sehingga makin banyak orang yang bisa mencobanya, bahkan bagi mereka yang bukan bagian dari developer.

Jika Google tetap beracuan pada jadwal yang biasa mereka lakukan, jumlah versi beta dari Android O akan muncul sebanyak 3 buah secara berurutan beberapa bulan ke depan. Dengan begitu, versi pertama yang keluar di bulan ini akan dilanjuti dengan versi kedua di pertengahan bulan Juli, dan versi terakhir pada bulan Juni.

Saat semuanya berjalan dengan lancar dan sesuai jadwal, maka Android O bisa dipastikan hadir pada akhir bulan Agustus mendatang. Jadwal tersebut juga akan sama dengan waktu kehadiran Android N.

Baca juga:

Download Android O di Sini!

Android O Sudah Lahir, Penasaran?

Ini dia ponsel Android One pertama dengan OS Nougat