Google Meet Versi Gratis Mulai Dibatasi Cuma 60 Menit

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Google telah membatasi durasi telekonferensi video grup di Meet bagi pengguna gratis, alias yang tidak berlangganan menjadi 60 menit per sesi.

Artinya, dengan pembatasan durasi ini, benefit melakukan video conferencing grup unlimited 24 jam hanya dapat dinikmati oleh para pengguna premium platform Meet.

Mulai saat ini, pengguna yang tidak berlangganan hanya bisa melakukan panggilan video grup berdurasi satu jam (60 menit) per sesi, dengan peserta maksimum hingga 100 orang.

Baca Juga:
Google Meet Punya Filter Wajah Baru

Kendati durasinya dibatasi, Google masih tidak memberikan batasan pada jumlah sesi video conferencing yang dapat dilakukan pengguna gratisan dalam sehari. Dengan kata lain, pengguna gratisan masih bisa membuat sesi telekonferensi video lagi jika durasinya habis, sebanyak maksimal 24 kali dalam satu hari.

Selain itu perlu dicatat juga bahwa durasi video teleconferencing one-on-one atau dengan peserta maksimum dua orang, masih dapat menikmati layanan panggilan video unlimited hingga 24 jam.

Langkah ini diambil Google karena pihaknya memprediksi bahwa layanan video telekonferensi Meet bakal sering dipakai menjelang momen liburan akhir tahun, misalnya untuk reuni keluarga atau acara pernikahan.

Baca Juga:
Tampilan Google Meet Bakal Lebih Segar, Apa yang Baru?

Selain itu, karena kegiatan belajar mengajar yang kini juga digelar secara jarak jauh, pertemuan antara guru dan orang tua siswa juga kerap digelar secara online.

Dengan pembatasan durasi telekonferesi video grup ini, Google akan bergabung dengan Zoom yang melakukan hal serupa.

Zoom sendiri membatasi durasi video conferencing grup 40 menit per sesi bagi pengguna yang tidak berlangganan. Sedangkan untuk one-on-one, Zoom juga memberikan layanan unlimited untuk pengguna gratisan.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories