Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Google Mengoptimalkan Android 13 untuk Tablet Pixel
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Beberapa waktu terakhir Google gencar merilis beberapa perangkat baru pada konferensi tahunan untuk pengembang Google I/O. Selain Pixel 6A dan Pixel Buds Pro, Google juga akan merilis Pixel 7 dan Pixel Watch.

Google mengungkapkan jika mereka sedang melakukan uji coba untuk sebuah tablet baru. Dilansir dari Gizmochina, Google akan mengoptimalkan Android 13 untuk tablet yang disebut Pixel Slate.

Seperti yang dilakukan Apple, awalnya Google tidak memperhatikan tablet saat perangkat itu pertama kali dirilis. Tablet Android generasi pertama terasa seperti ponse Android dengan layar yang besar.

Baca Juga:
Google Mengumumkan Ponsel Pixel 6A dengan Harga Murah

Barulah saat Android 3.0 Honeycomb yang dirilis tahun 2011, secara resmi memperkenalkan beberapa fitur yang dirancang khusus untuk tablet. Namun, saat itu beberapa fitur ini masih dalam tahap uji coba.

Dengan Android 12L, Google mulai mengukuhkan pondasi supaya Android bekerja untuk berbagai layar dan bentuk. Alasan pengembangan Android 12L lantaran munculnya ponse layar lipat yang terus berinovasi.

Sekarang, Google akan lebih memfokuskan pada layar besar mulai dari Android 13. Rencananya, Android 13 Pixel Tablet akan dirilis pada 2023 mendatang dengan membuka jalan untuk fitur-fitur baru yang menjadi standar perangkat sejenis.

Deretan fitur ini sudah digunakan oleh beberapa brand tablet. Contohnya taksbar di bagian bawah yang mengizinkan pengguna membuka aplikasi menjadi lebih cepat. Lalu, ada split screen di antara dua aplikasi sehingga menjadi lebih mudah.

Baca Juga:
Cara Mudah Gunakan Fitur ‘Back Tap’ di iPhone

Tak hanya itu, fitur yang diadopsi untuk Android 13 juga akan mengoptimalkan pengalaman menggunakan stylus pada tablet, khususnya palm rejection.

Para pengembang terus melakukan beberapa hal untuk mengintegrasikan beberapa fitur itu ke dalam aplikasi. Jadi Android bisa tampil dengan baik saat membuka layar dalam kondisi penuh, sebagian atau dalam jendela berukuran seperti Chrome OS.

Untuk mendorong para pengembang, Google akan memimpin perubahan ini dan memperbarui 20 aplikasi buatan. Pembaruan ini memanfaatkan fitur-fitur Android 13 yang dioptimalkan untuk tablet. Aplikasi populer seperti TikTok dan Facebook juga akan mengikuti Google.

Hal ini menjadi langkah awal Google untuk visi yang lebih besar. Google ingin mempersiapkan para pengguna dan pengembang untuk dunia multi perangkat. Mulai dari perangkat ponsel, jam tangan hingga tablet.

SHARE:

Honda Janji Bawa 5 Mobil Baru di Ajang GIIAS 2024, Salah Satunya Model Konsep

Selain Manusia, Apple Watch Juga Bisa Mendeteksi Jantung Singa