Google Patenkan Fitur Baru untuk Android

Fitur Smart Drag and Drop akan membuat smartphone lebih smart lagi (source: whatafuture)

Google mempatenkan sebuah fitur baru untuk perangkat Android. Fitur yang hingga repot-repot harus dilindungi tersebut adalah berupa kemampuan yang memungkinkan pengguna smartphone agar lebih terhubung lagi dengan antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

Dilansir dari GSM Arena (26/4/2017), fitur yang disebut sebagai smart drag and drop tersebut akan meungkinkan Anda untuk menarik sebuah konten seperti foto ataupun teks, atau lokasi sebuah restoran ke aplikasi lainnya. Tentu aplikasi lain yang dimaksud di sana adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan hal yang lebih detail lagi terhadap konten yang di tarik, seperti photo editor, aplikasi pesan, ataupun Google Maps.

Inilah ilustrasi dari fitur smart drag and drop (source: GSM Arena)

Yang menentukan apakah aplikasi yang dituju sebagai wadah dari konten yang Anda tarik adalah perangkat Anda sendiri. Jadi, jika Anda menarik nama sebuah restoran, maka perangkat secara otomatis menyadari tujuan tindakan tersebut, dan akan membawakan aplikasi yang berkaitan, seperti aplikasi perpesanan (Booking App) ataupun Google Maps.

Dari gambar ilustrasi yang kami sematkan di atas, Anda mungkin bisa menyadarinya. Saat gabungan beberapa kata telah diketahui oleh perangkat, maka secara otomatis aplikasi yang berkaitan dengannya bisa langsung dimunculkan.

Sekarang saja, Google Play Store telah memiliki ribuan aplikasi aplikasi yang siap menampung fitur baru di Android tersebut, atau mungkin telah bertengger di perangkat. Sehingga saat fitur smart drag and drop diluncurkan oleh Google, Anda tak perlu lagi kebingungan memilih aplikasi yang cocok untuk menerapkannya.

Namun, nampaknya Google masih dalam tahap penyempurnaan fitur smart drag and drop. Mungkin Anda baru akan melihatnya dalam waktu beberapa bulan ke depan.

Baca juga:

Google Terus Ditekan untuk Beberkan Data Pengguna

Paska Diakuisisi Avast, Ini Produk Terbaru AVG di 2017

Kini Anda Bisa Menonaktifkan Glare Removal di Aplikasi PhotoScan