Google Pun Mengagumi Affandi, Maestro Seni Lukis Indonesia

Google memperingati 110 tahun kelahiran Affandi (source: Google Doodle)

Technologue.id, Jakarta – Google Doodle hari ini (01/05/17) menampilkan gaya lukisan yang unik. Dengan dominan goresan kuas warna hijau, ada tulisan ‘Google’ berwarna oranye di tengahnya. Namun, pusat perhatian artwork tersebut berada di lukisan wajah seseorang bumiputra yang begitu tersohor di dunia internasional.

Ia adalah Affandi Koesoema, pelukis yang dikenal akan gaya ekspresionisnya. Walaupun ayahnya cuma seorang mantri ukur di pabrik gula Cirebon, Affandi termasuk beruntung karena bisa mengenyam pendidikan formal yang cukup tinggi. Akan tetapi, justri lewat seni lukisnya ia mampu menjadi ‘orang’ sampai diakui kemampuannya di sejumlah negara maju.

Mengawali karirnya di bidang lukis sekitar tahun 1930-an dengan kelompok pelukis Lima Bandung, Affandi mendapatkan kesempatan pameran perdananya di tahun 1943. Namun, kontribusinya untuk negara yang cukup diingat ialah ketika ia bertugas membuat poster propaganda yang direalisasikan dari ide Soekarno untuk mengobarkan nasionalisme masyarakat di daerah-daerah.

Pria yang sudah melahirkan lebih dari 2.000 lukisan ini pernah menghelat pameran di Asia, Australia, hingga Eropa dan Amerika Serikat. Tak berhenti sampai di sana saja, Affandi juga sering menerima beragam penghargaan internasional, termasuk gelar Doktor Honoris Causa dari University of Singapore tahun 1974.

Andai saja Affandi masih hidup hingga sekarang, tahun ini ia akan berusia 110 tahun. Sayang, Tuhan berkehendak lain. Ia sudah dipanggil 23 Mei 1990 lalu dalam usia 83 tahun.

 

Baca juga:

Google Terus Ditekan untuk Beberkan Data Pengguna

Google Ingin Berantas Penganggguran

Begini Cara Google Perangi Berita Hoax

loading...