Google Resmikan Data Center Ramah Lingkungan Pertamanya

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Sebagai tanda dimulainya tekad Google untuk menggunakan 100 persen energi terbarukan dalam operasi bisnisnya secara global tahun depan, sebuah data center yang berada di Eemshaven, Belanda, akhirnya diresmikan.

Lewat blog resminya (06/12/16), Google menegaskan data center tersebut sudah menggunakan energi terbarukan sejak beroperasi di hari pertama. Energi yang dialirkan ke data center yang menampung hingga 200 pegawai itu didapat melalui energi angin, yang disuplai oleh ladang angin di Zeeland.

Joe Kava (VP Data Center GOogle) bersama Menteri Urusan Ekonomi Belanda, Henk Kamp, di pembukaan data center Eemshav Google (source: Google)
Joe Kava (VP Data Center GOogle) bersama Menteri Urusan Ekonomi Belanda, Henk Kamp, di pembukaan data center Eemshav Google (source: Google)

Proyek pembuatan data center ramah lingkungan ini dirampungkan dalam kurun dua tahun. Sementara pembahasannya sendiri sudah terjadi tahun 2012 lalu.

Raksasa internet ini menyatakan tahun 2017 nanti akan memanfaatkan energi terbarukan untuk pengoperasian data center dan kantornya. Hingga hari ini, Google mengklaim konsumsi energi data center-nya adalah yang paling efisien di dunia.

Kalau sudah mampu mengoperasikan unit bisnisnya dengan energi terbarukan seperti ini, rasa-rasanya mobil swakemudi Google yang juga bergerak tanpa bahan bakar fosil tak akan lama lagi dijual untuk konsumen luas. Setuju?

 

Baca juga:

Google Tiru Fitur Safety Check Facebook, Tapi Lebih Baik

Apple Siap Tantang Google di Ladang Baru

Jutaan Akun Google Terinfeksi Malware Gooligan

- Advertisement -

Latest News

Related Stories