AppsGoogle Rilis Emoji Hitam-Putih untuk Pengguna Nostalgia HP Jadul

Google Rilis Emoji Hitam-Putih untuk Pengguna Nostalgia HP Jadul

Technologue.id, Jakarta – Google baru saja merilis set emoji baru untuk mengajak para pengguna nostalgia dengan HP jadul saat semua jenis tulisan masih berwarna hitam putih. Tampilan ini kembali ke masa yang sederhana ketika dunia komunikasi tidak serumit sekarang.

Font emoji hitam-putih yang dirilis sangat kontras dibanding emoji saat ini, yang memiliki lebih dari 3.633 bentuk dalam versi Unicode. Emoji zaman dulu hanya ada 176 pilhan.

Dilansir dari XDA Developers, untuk membuanya semakin terasa nyata Google menamai emoji hitam-putih ini dengan Noto Emoji. Nama itu diadaptasi dari font benama Noto ‘Noto Emoji Color’ dan menghapus warnanya mejadi hitam-putih.

Tentunya ini menjadi tantangan bagi Google agar tidak ada masalah yang ditimbulkan ketika warna dari emoji yang sudah ada dihilangkan dan tidak menimbulkan persepsi yang salah. Mengambil set yang sudah ada dengan mendetail dan menghapus warna bukanlah tugas yang mudah.

Baca Juga:
Reaksi Emoji Lengkapi Google Documents di Versi Terbaru

Banyak pertimbangan yang dilakukan Google, misalnya mentransfer versi bendera semua negara yang penuh warna menjadi hitam-putih dengan benar. Tim Google harus memakai solusi cerdas di mana warna bendera negara diganti dengan kode ISO yang sesuai.

Hal lainnya seperti emoji yang menunjukkan karakter manusia, maka akhirnya Google memilih untuk membuat emoji ‘blob’ yang terlihat seperti gumpalan awan. Meskipun mengurangi warna, font ini tetap mempertahankan keindahan teknologi modern.

Pengguna dapat menyesuaikan support untuk mode terang dan gelap serta kemampuan untuk menampilkan format kontras atau tebal. Google Noto Emoji Font merupakan jenis tulisan yang merupakan sumber terbuka dan bisa memenuhi kebutuhan emoji pengguna perangkat elektronik.

Selain itu, Google telah mengembagkan font tersebut bertujuan untuk mendukung semua bahasa dengan tampilan dan nuansa umum. Noto sendiri memiliki gaya dan ukuran yang tersedia lebih dari 3000 font secara gratis yang telah terdaftar di Unicode Standard.

Related articles

Google Hapus Ratusan Ribu Aplikasi Jadul di Play Store

Technologue.id, Jakarta - Google bakal hapus aplikasi jadul yang ada di...

Google I/O 2022 Umumkan Pixel 7, Pixel Buds Pro, dan Pixel Watch

Technologue.id, Jakarta - Konferensi pengembangan tahunan I/O 2022 Google...

Perubahan Halus Android 13 Beta 2 di Berbagai Animasi Sistem

Technologue.id, Jakarta - Google telah menggelar konferensi pengembangan tahunan,...

Cara Gabungkan Dua Emoji di Google GBoard

Technologue.id, Jakarta - Google sedang menyiapkan beberapa stiker baru...

Google Perkenalkan Fitur SOS Darurat di Wear OS

Technologue.id, Jakarta - Google akan segera meluncurkan fitur SOS...