Technologue.id, Jakarta – Google semakin mempertajam kemampuan layanan pencarian Google Search. Baru-baru ini, raksasa teknologi dunia itu memudahkan akses para pengguna internet baru ke berbagai informasi yang ada di seluruh dunia, hingga menghadirkan alat dan fitur untuk berinteraksi dengan video dan gambar.

“Seiring perkembangan teknologi, kami akan terus berkomitmen untuk membantu semua orang menemukan informasi yang dapat diandalkan dan relevan tepat saat mereka membutuhkannya,” tutur Bibo Xu, Group Product Manager Google Search, di acara Google for Indonesia 2019, di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Salah satu kemampuan di Search yang mendapat pembaruan lebih baik adalah Google Go.

Google Go menawarkan fitur pembaca yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan halaman web mana pun. Ketika sedang dibacakan, kalimat akan ditandai sehingga Anda dapat mengikutinya.

“Fitur ini kami luncurkan karena kami tahu ada banyak orang yang lebih suka mendengarkan atau menonton konten daripada membaca halaman web yang panjang,” cetus Xu.

Dengan bantuan Google Translate, cukup dengan sekali ketuk, Anda dapat langsung menerjemahkan halaman apa saja ke Bahasa Indonesia, dan juga bahasa daerah seperti bahasa Sunda dan Jawa. Sementara bagi mereka yang lebih suka mendengarkan konten, cukup tekan tombol putar suara, dan hasil terjemahan seluruh halaman web akan
langsung dibacakan.

Tak hanya itu saja, Google Search kini juga dapat membantu pengguna menemukan momen-momen penting dalam video tertentu, dan mencantumkan link ke momen-momen tersebut dalam video, berdasarkan penunjuk waktu yang diberikan oleh sang kreator konten di YouTube. Fitur ini dinamakan Key Moments.

Bagi para kreator yang telah mengupload videonya ke YouTube, mereka hanya perlu menambahkan penunjuk waktu dalam deskripsi video. Sementara itu bagi para partner video lokal lainnya, fitur ini dapat diaktifkan dengan menambahkan markup data terstruktur ke konten video. Google harap, fitur Key Moments ini dapat segera diperluas ke lebih banyak video.

Lens di Google Image Search (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Fitur yang tak kalah menarik adalah Lens di Google Image Search. Fitur Lens yang kini ada di Google Image Search dapat membantu pengguna mencari gambar dengan cara yang benar-benar baru.

Penggunaannya pun sangat mudah. Saat Anda melihat sesuatu dalam gambar yang ingin Anda ketahui lebih lanjut seperti motif batik, misalnya, Anda dapat memakai fitur
Lens dalam bahasa Indonesia untuk mengeksplorasinya lebih lanjut dalam gambar. Mereka juga akan disuguhkan informasi produk melalui platform e-commerce.