Google Segera Hadir di China?

Google Segera Hadir di China?
Ilustrasi bendera Tiongkok (source: Pixabay.com)

Technologue.id, Jakarta – Mungkin, Anda sudah tahu bahwasannya Tiongkok adalah negara yang tertutup. Julukan Negeri Tirai Bambu tentunya tak lahir secara tiba-tiba, bukan?

Hal ini juga berlaku di industri digital dan internet. Salah satu bukti tertutupnya China terhadap pemain asing adalah bagaimana Google tak bisa dengan bebas melayani netizen setempat. Tak cuma memblokir mesin pencarian Google, di Tiongkok Play Store pun tak bisa diakses bebas.

Baca juga:

Kok Sekarang Banyak Mobil Pribadi yang Kaca Belakangnya Ditempeli Iklan?

Fenomena ini cukup menarik. Sebab, mayoritas smartphone yang beredar di sana adalah Android. Anda pun pastinya sudah sadar kalau di China banyak sekali produsen smartphone berbasis Android, seperti Huawei, Xiaomi, dan Oppo. Janggal rasanya ketika pengguna Android di sana banyak, tetapi mereka tak bisa mengakses toko digital Google dengan bebas.

Namun, mungkin keadaan ini akan segera berubah. Melansir AndroidCommunity (04/09/17), pengguna Reddit mendapati China di daftar harga dan distribusi Developer Console Google Play. Google Play Console sendiri adalah gerbang bagi para pengembang aplikasi untuk mendistribusikan aplikasinya ke perangkat yang mendukung secara mudah.

Google Segera Hadir di China?
Screenshot Google Play Developer Console yang telah menyertakan China di daftar pilihan (source: AndroidCommunity.com)

Baca juga:

DO Kuliah, Pria Ini Dirikan Startup Pesaing Uber yang Tarifnya Lebih Murah

Temuan lain yang mendukung bocoran ini adalah bagaimana domain play.google.com sudah bisa diakses dari Tiongkok.

Google Segera Hadir di China?
Hasil percobaan ketersediaan situs Play Store di China (source: AndroidCommunity.com)

Baca juga:

Tutorial Apa yang Paling Sering Dicari Orang Indonesia di Google?

Jelas, ini adalah langkah besar bagi Google. Pasalnya selain jadi lebih leluasa memanjakan konsumennya, mereka juga bisa menambah pundi-pundi pemasukannya dari in-app purchase yang dilakukan konsumen Tiongkok. Bagi konsumen, bisa diaksesnya toko digital resmi Google ini juga mengurangi potensi mereka terserang virus atau malware karena mengunduh APK di situs-situs yang berpotensi dimanfaatkan pihak tak bertanggung jawab.