Google Sematkan AI pada Aplikasi Photos

Technologue.id, Jakarta – Saat ini sudah cukup banyak perangkat Android yang menggunakan Google Photos sebagai aplikasi default untuk membuka dan mengatur berbagai foto yang ada. Oleh karenanya, Google terus menyempurnakannya fiturnya.

Mengutip dari NextPowerUp (29/06/17), Google baru saja menggulirkan versi terbaru untuk Google Photos yang menghadirkan sebuah fitur baru yakni, tab khusus bernama “sharing”.

Sesuai dengan namanya, fitur tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbagi foto ke berbagai sanak saudara. Hal yang istimewa adalah, Google menyematkan sebuah kecerdasan buatan atau yang biasa disebut artificial intelligence (AI) pada fitur sharing itu.

Dengan adanya AI, aplikasi Google Photos bisa mendeteksi wajah dari berbagai foto yang tersimpan di dalam perangkat. Tak cuma itu, ia juga dapat menampilkan berbagai informasi yang terkait dengan foto wajah yang ditampilkan.

Fitur lainnya, melalui tab sharing tersebut pengguna bisa mencari foto yang ingin dibagikan berdasarkan kata kunci, lokasi, atau sebuah nama. Setelah melakukan pencarian, aplikasi tersebut akan menampilkan berbagai foto sesuai dengan kategori.

Sebelumnya, fitur sharing ini sendiri sudah sempat diumumkan oleh Google pada ajang Google I/O yang diadakan pada bulan Mei 2018 lalu.

 

Baca juga:

Layanan Google Talk Resmi Ditutup

Google Chrome Kini sudah Mendukung Android O

Inikah Spesifikasi Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL?