Technologue.id, Jakarta – Jika kebanyakan produsen smartphone sedang berlomba-lomba untuk menyediakan update Android ke yang lebih baru, Google justru baru saja menurunkan versi sistem operasi Android khusus untuk perangkat Nexus 6.

NextPowerUp (16/03/17) mengabarkan bahwa Google baru saja mendistribusikan firmware terbaru untuk para pengguna Nexus 6. Firmware tersebut mungkin saja nomor versinya lebih tinggi dari sebelumnya. Namun sejatinya, ia justru menurunkan sistem operasi Android untuk perangkat tersebut dari Nougat 7.1.1 ke versi 7.0.

Bukan tanpa alasan, hal tersebut dilakukan oleh Google karena Android 7.1.1. yang terdapat pada Nexus 6 mengandung beberapa bug yang cukup mengganggu. Namun hal tersebut sejatinya dikarenakan dari paekt update keamanan (security patch) yang dirilis pada Maret 2017 lalu.

“Untuk pengguna Nexus 6 yang ingin tetap bisa melakukan flashing atau sideloading pada update firmware selanjutnya, Anda tak perlu menurunkan versi Android dari 7.1.1.”, pernyataan Google yang dikutip pada website yang sama.

Untuk memudahkan para pengguna, update sistem operasi ini didistribusikan melalui metode Over-the-Air (OTA). Ini artinya, pengguna hanya perlu melakukan update melalui smartphone, tanpa harus menghubungkannya melalui PC.

“Update OTA untuk Android versi 7.0 yang baru dirilis cukup membingungkan beberapa pengguna Nexus 6. Jika mengalami kesulitan saat instalasi, Anda bisa melakukan factory reset terlebih dahulu” lanjutnya.

 

Baca juga:

Yes, Google Assistant Siap Datangi HP Android Anda!

Mau Kerja di Google, Apple, Atau Microsoft? Kuasai Dulu Skill Ini!

Google dan Microsoft Sepakat Tendang Situs Pembajakan