Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Google Service Down di Seluruh Dunia, Tak Bisa Akses Gmail, Maps, YouTube, dan Layanan Google Lainnya
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Google alami gangguan di seluruh dunia, gangguan tersebut terjadi pada seluruh layanan seperti Gmail, Google Calendar, Google Maps, YouTube, dan lainnya.

Gangguan ini dimulai Hari Senin (14/12) sekitar pukul 18.45 WIB dan belum diketahui pasti penyebab terganggunya layanan Google. Situs web DownDetector mencatat ada 9.243 laporan Google mengalami gangguan dari pengguna pada pukul 18.46 WIB.

Halaman status layanan Google melaporkan bahwa mereka mengalami gangguan. Halaman beranda YouTube menampilkan kartun dengan teks “Something went wrong…

Akun Twitter @TeamYouTube membenarkan masalah tersebut dalam tweet yang ditulis pada pukul 18:09 WIB.

Gangguan tersebut sepertinya terkait dengan alat autentikasi perusahaan, yang mengelola cara pengguna masuk ke layanan yang dikelola pihak Google dan developer pihak ketiga.

Alat yang tidak bekerja tanpa masuk, seperti Gmail, Google Calendar, YouTube juga mengalami gangguan. Untuk Youtube, pengguna masih bisa akses dari mode “private browsing”.

Hal ini cukup menyulitkan banyak pekerja di kantor. Google Suite, salah satu layanan yang down, tidak hanya mengelola komunikasi email, tapi juga layanan messaging dalam kantor dari layanan Chat and Meet, dan pekerjaan lainnya dari Google Docs, Spreadsheet, dan Slide.

Bagi yang bekerja dari rumah, gangguan tersebut juga memengaruhi layanan Smart Home Google, termasuk smart speaker Google Home dan termostat Nest juga alarm asap.

SHARE:

Catat 6.400 Lebih Peserta, Huawei Ungkap Pemenang ICT Competition Asia-Pacific 2023-2024

Starlink Masuk Indonesia, Indosat Singgung Persaingan Layanan Internet