Technologue.id, Jakarta – Mulai 1 Desember 2016, Anda tak akan lagi menemui pre-installed app bernama Hangouts di ponsel Android. Pasalnya, dalam email yang dikirimkan pada partner Google Mobile Services (GMS) seperti dilaporkan oleh AndroidCommunity (09/10/16), status Hangouts telah dipindahkan sebagai opsional dari daftar paket Google Apps.

Sebagai gantinya, Google bakal menyajikan Duo sebagai bloatware terbarunya. Aplikasi video-call tersebut mengizinkan penggunanya untuk bertegur sapa dengan pengguna Duo lain baik di Android maupun iOS.

Yang unik, Google tidak mengganti Hangouts dengan Allo. Padahal dari segi fungsi, Allo yang berbasis teks lebih mirip Hangouts ketimbang Duo (walau di sisi lain Hangouts juga punya fitur video-call). Namun, bisa jadi anak perusahaan Alphabet Inc. tersebut lebih bersemangat untuk menyongsong era video yang belakangan sedang hangat-hangatnya.

Lalu, bagaimana masa depan Hangouts? Untuk sementara, aplikasi yang dirilis tahun 2013 itu masih tersedia di Play Store. Di samping itu, belum bisa dipastikan pula apakah masa depan Hangouts segera tamat, meskipun sejauh ini tanda-tandanya sudah mengarah ke sana. Coba pertimbangkan, kalau Google masih ingin mempertahankan Hangouts, buat apa mereka capai-capai membuat dua aplikasi (Allo dan Duo) untuk berkomunikasi sekaligus?

 

Baca juga:

RESMI MELUNCUR, BERAPA HARGA GOOGLE PIXEL DAN PIXEL XL?

5 SENJATA UTAMA GOOGLE PIXEL DAN PIXEL XL

GOOGLE SELF-DRIVING CAR TABRAKAN DI MOUNTAIN VIEW