Technologue.id, Jakarta – Hadirnya sejumlah layanan baru milik Google membuat beberapa layanan yang sudah ada saling tumpang tindih dari sisi fitur maupun fungsionalitas. Salah satunya adalah Google Talk.

Dalam beberapa bulan mendatang tepatnya 26 Juni 2017, Google secara resmi bakal menutup layanan Google Talk. Ini dikarenakan fitur SMS yang ada sebenarnya sudah terintegrasi dengan layanan yang lebih baru, Hangouts.

Walaupun akan dimusnahkan kurang lebih 3 bulan lagi, bukan berarti Google Talk tak lagi bisa diakses oleh penggunanya. Hanya saja, layanan tersebut akan sepenuhnya terintegrasi dengan Hangouts.

Oleh karena itu, ketika melakukan login pada Google Talk, secara otomatis pengguna akan diredirect ke Hangouts. Ini artinya, bukan berarti data penggunanya akan hilang, melainkan melebur menjadi satu.

“Pengguna layanan Google Talk akan menerima undangan dalam beberapa minggu ke depan untuk berpindah ke layanan Hangouts. Setelah 26 Juni 2017, transisi pengguna akan berjalan secara otomatis,” pernyataan Google yang dikutip dari NextPowerUp (26/03/17).

“Bagi pengguna yang masih menginginkan tampilan seperti Google Talk, Anda bisa menggunakan mode Dense Roster pada Hangouts. Mode ini menyediakan pengalaman yang sama ketika menggunakan Google Talk,” lanjutnya.

 

Baca juga:

Google Sudah Percaya Kalau Anda Bukan Robot

Sering Lupa Lokasi Parkir? Google Maps Bisa Bantu!

Google Punya Cara Supaya Anda Bisa Browsing Lebih Cepat