Technologue.id, Jakarta – Sejak pertama kali dirilis hingga versi 9.0, sistem operasi Android selalu ditandai dengan urutan abjad dan diberi kodenama kue ringan sesuai dengan huruf depan dari urutan abjad tersebut. Contohnya saja, Android P yang memiliki kodenama Pie. Namun kini, Google sudah meninggalkan hal tersebut.

Mengutip dari TheVerge (22/08/19), Google baru saja mengumumkan kalau penerus Android P, yakni “Q” secara resmi akan dinamai dengan kodenama Android 10. Ini artinya, tak ada lagi nama kue yang berawalan huruf Q untuk merepresentasikan Android 10.

“Kami mulai skeptis dengan penamaan makanan ringan untuk Android, kami sebenarnya memiliki beberapa nama yang cukup bagus, tetapi dalam setiap perilisan, justru akhirnya tak bisa kami gunakan”, kata Sameer Samat, VP Product Management untuk Android.

Bukan karena sulit mencari nama kue berawalan Q, bagi Google, Android adalah sebuah merek global dan digunakan oleh banyak orang di India serta Brasil ketimbang di Amerika Serikat. Oleh karenanya, mereka mengganggap bahwa penggunaan nama hidangan penutup dalam bahasa Inggris untuk Android tidak lagi relevan.

“Kue Pie tidak selalu menjadi hidangan penutup, sementara Lollipop ejaannya cukup sulit bagi beberapa orang di wilayah tertentu. Dan Marshmallow bukanlah makanan yang dikenal di banyak wilayah”, ucap Sameer Samat.