Google Tiru Fitur Safety Check Facebook, Tapi Lebih Baik

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Memanfaatkan kepedulian manusia dengan sesamanya, terlebih orang terdekat, Google optimistis menawarkan Trusted Contacts. Ini adalah aplikasi yang mirip dengan Safety Check Facebook, tetapi dengan kegunaan yang lebih alias tidak sekadar membantu seseorang mengabarkan pada orang terdekat bahwa dirinya selamat atau baik-baik saja.

Trusted Contacts dari Google ini adalah aplikasi keamanan personal khusus untuk pengguna Android, untuk sementara. Begitu dipasang dari Play Store, Anda bakal diminta untuk memilih kontak eksklusif yang akan berhubungan dengan Anda lewat aplikasi ini, seperti keluarga atau sahabat. Gunanya agar mereka bisa mengetahui di mana Anda berada atau apakah Anda dalam keadaan baik-baik saja.

Ketika berada di situasi yang tidak aman, misalnya, Anda dapat mengirimkan lokasi Anda berada pada kontak terpercaya itu sambil berharap datangnya pertolongan. Sebaliknya, mereka juga bisa me-request lokasi Anda semisal Anda belum pulang ke rumah hingga dini hari dan membuat khawatir.

Trusted Contacts (source: Google)
Trusted Contacts (source: Google)

Jika Anda membatalkan permintaan tersebut (tanda bahwa Anda tidak dalam masalah), maka lokasi Anda tak akan dibagikan. Namun kalau Anda tidak merespons dalam lima menit, maka posisi Anda bakal dibagikan pada user yang me-request secara otomatis. Setelah dibagikan, teman atau anggota keluarga Anda bisa melacak pergerakan Anda di map.

Selain itu, mengutip blogpost resmi Google (05/12/16), Trusted Contacts juga dapat menuntun Anda pulang di kala hari berkabut atau gelap gulita. Aplikasi ini dilengkapi penunjuk jalan layaknya Waze atau Google Maps, sehingga Anda hanya perlu memperhatikan peta yang disediakan dalam aplikasi agar bisa sampai ke rumah dengan selamat.

Trusted Contacts (source: Google)
Trusted Contacts (source: Google)

Mau coba?

 

Baca juga:

Apple Siap Tantang Google di Ladang Baru

Jutaan Akun Google Terinfeksi Malware Gooligan

Ketika Produk Perusahaan Sekelas Google Tak Terlalu Laku

- Advertisement -

Latest News

Related Stories