Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Gosend Luncurkan Buku buat UMKM, Bagikan Tips Jualan di Era Digital
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Gosend, layanan logistik dari Gojek, luncurkan buku khusus buat para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berjudul “Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan Gosend untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital”. Buku ini bertujuan untuk perkaya ilmu bisnis dan pemasaran para pelaku UMKM dalam kembangkan usaha mereka.

Head of Marketing Logistics Gojek Marsela Renata, mengatakan bahwa. “Buku ini merupakan komitmen Gosend yang berkelanjutan untuk mendukung pertumbuhan UMKM. Buku ini diciptakan untuk menjadi pegangan, menjawab kebutuhan, dan mempersiapkan para UMKM khususnya social seller.”

Marsela pun menjelaskan, buku itu ditulis oleh para pakar di bidangnya. Adapun pakar yang terlibat ialah.
- Prof. Rhenald Kasali, Ph.D (Guru Besar Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia).
- Yuswohady (praktisi dan konsultan marketing di Inventure yang sudah menulis 60 buku bertema bisnis dan pemasaran).
- Yudo Anggoro (Kepala Sekolah Bisnis Manajemen [SBM] ITB Kampus Jakarta, sekaligus Direktur Center for Policy and Public Management SBM ITB).

Baca Juga:
Google Salurkan Pinjaman Senilai $2 Juta ke Berbagai UKM di Pulau Jawa

Ada juga konsultan wirausaha, Wulan Ayodya (founder lembaga kursus UMKMKU, sekaligus penulis buku kewirausahaan) dan Arief Ardinugroho (konsultan bisnis dari Funtastic Consulting sekaligus penulis buku kewirausahaan).

“Mereka bercerita tentang lanskap social commerce, (misalnya) bagaimana mengikuti tren, bagaimana menghasilkan komunikasi yang kreatif agar bisa stand out ketika menggunakan media sosial,” tambah Marsela.

Dikemas secara ringan, buku tersebut terdiri dari empat bab utama yaitu Memulai Usaha baru Sejak Pandemi, Berawal dari Social-Selling, Lika-liku Bisnis untuk Kategori F&B, Fashion, dan Art Craft, ditambah tips-tips penting buat seller yang meliputi brand activation, content creation, dan risk management. Selain itu, buku itu juga ada kisah sukses dari para best seller Gosend yang akan menginspirasi para pelaku UMKM lainnya.

Yuswohady, praktisi dan konsultan marketing dari Inventure, mengatakan bahwa McKinsey memperkirakan bahwa ada 30 juta pembeli online di Indonesia pada tahun 2017.

Baca Juga:
Shopee Hadirkan Bincang Shopee 6.6 Rumah dan Hobi Sale Hunian Pintar Ramah Kantong

Dari pasar sebesar US$ 8 miliar (Rp117 triliun), 37,5% di antaranya adalah social commerce, dan diperkirakan bakal terus tumbuh. Karena itu, menurut Yuswohady, penting bagi para pelaku UMKM untuk pahami cara optimalkan peluang tersebut.

“Buku ini adalah pedoman untuk menciptakan marketing yang jago sehingga kita bisa menarik pelanggan tak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia,” jelas Yuswohady.

Adapun buku “Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan Gosend untuk Pertumbuhan UMKM” terbitan Elex Media Komputindo sudah bisa dibeli di toko-toko buku terdekat. Hasil penjualan buku ini sepenuhnya bakal dipakai buat berbagai program kemajuan UMKM oleh Gosend.

SHARE:

Elon Musk Resmikan Operasional Starlink di Indonesia

Android 15 Tawarkan Peningkatan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam