Gothamchess Bicara Rematch dengan Dewa Kipas

Technologue.id, Jakarta – Levy Rozman alias GothamChess mengutarakan kemungkinan tanding ulang alias rematch dengan Dadang Subur atau yang sempat dikenal sebagai Dewa Kipas di pertandingan catur online.

Namun sebelum rematch itu digelar, Ia menyampaikan beberapa syarat. Apa saja itu?

“Orang-orang menyuruh saya untuk melakukan pertandingan ulang secara online, namun jika kita melakukan pertandingan ulang, maka tidak bisa dilakukan di Chess.com. Karena Dewa Kipas tidak bisa log ini kembali, saya tidak tahu bagaimana caranya,” kata Rozman dalam akun YouTube Deddy Corbuzier, Kamis (19/3/2021).

Baca Juga:
Profil Dadang Subur, Bapak Pecatur yang Kalahkan Gamer Catur Dunia di Chess.com

Menurut pria bergelar Master Internasional catur tersebut mereka harus bermain yang namanya fair play policy. Seperti menggunakan webcam, lalu ada kamera kedua di belakang untuk memperlihatkan pergerakan tangan. Pemain pun harus menampilkan tampilan layar mereka.

Rozman menjelaskan bahwa dengan adanya webcam, baik para penonton maupun ahli catur bisa mengamati jalannya pertandingan. Dengan demikian, harapannya pertandingan bisa berjalan dengan adil tanpa kecurangan.

“Jadi kami perlu 3 hal itu,” papar GothamChess kepada Deddy di Channel YouTube tersebut.

Itulah syarat yang menurutnya hal harus dilakukan. Sebab jika pertandingan digelar offline, dia tidak bisa terbang untuk menemui Dewa Kipas atau sebaliknya karena sedang ada pandemi.

Kepada Deddy, Rozman menjelaskan rematch atau pertandingan ulang sebenarnya sudah beberapa kali diusahakan. Sayangnya, tidak pernah tercapai kata sepakat.

“Hal ini sudah dikatakan berkali-kali pertandingan ulang atau hal semacam itu, saya tahu Susanto, Grand Master Indonesia, sudah berusaha untuk mengkondisikan. Tetapi tidak pernah mencapai sepakat,” sebutnya.

Baca Juga:
Alasan Mengapa Chess.com Memblokir Akun Catur Dadang Subur

Ia menceritakan pengalaman pahitnya, yaitu diserang netizen yang bahkan menyasar ibu dan keluarganya. “Satu hal yang tidak saya inginkan, netizen berpindah pihak untuk diserang,” kata GothamChess.

Setelah tahu duduk perkaranya, sebagian netizen minta maaf dan gantian ingin menyerang Dewa Kipas. Tapi dia tak ingin hal itu terjadi. “Saya tidak mau itu, ini kesalahan,”

Deddy sendiri di akun Instagramnya mengatakan Dewa Kipas mau untuk bertanding dengan Irene. Kabarnya pertandingan Dewa Kipas melawan Irene akan dilangsungkan hari Senin 22 Maret 2021.

Dalam kesempatan yang berbeda, Deddy Corbuzier mengumumkan bahwa akun Dewa Kipas bersedia bertanding dengan Grandmaster (GM) Irene Sukandar.

Namun dalam update terbaru, justru Irene yang membatalkan rencana pertandingan catur tersebut. Ia beralasan karena masalah etika.