Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Grab dan Good Doctor Perbanyak Rapid Test dan PCR Test Gratis ke 8 Kota di Luar Jakarta
SHARE:

Technologue.id - Tingginya jumlah kasus positif COVID-19 di area luar Jakarta, Good Doctor dan GrabHealth kini memperluas dan memperbanyak program rapid test dan PCR test gratis kepada para tenaga medis dan mitra pengemudi Grab di 8 kota lain, yakni Bekasi, Bogor, Tangerang, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar. Langkah ini diambil sebagai upaya lanjutan dalam menjawab instruksi Presiden Jokowi untuk meningkatkan kapasitas rapid dan PCR test di kota-kota lain yang juga terinfeksi, tidak hanya berpusat di ibukota, dan memberikan akses kepada lebih banyak orang yang membutuhkan.

Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia mengatakan bahwa langkah pemerintah saat ini sangat tepat dengan menggalakkan peningkatan rapid tes dan PCR tes. Sejak awal April, kasus positif nasional telah meningkat sebanyak 3x lipat dan provinsi di luar Jakarta menyumbang hampir 40% dari kasus positif.

"Hal ini mendorong kami untuk menargetkan peningkatan kapasitas hingga 5,000 tes dan memperluas program rapid dan PCR test gratis ini ke 8 kota tambahan lainnya. Program tetap berfokus pada tenaga kesehatan di garda terdepan dan juga mitra pengemudi Grab sebagai dua kelompok yang paling membutuhkan fasilitas ini. Semoga usaha ini bisa membantu percepatan penanganan COVID-19 di negara kita tercinta,” jelas Danu.

Sementara itu Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia mengatakan sejalan dengan misi GrabForGood untuk membawa dampak positif dari teknologi, Grab Indonesia mendukung arahan pemerintah untuk mempercepat rapid test secara nasional sebagai komitmen untuk selalu melindungi kesehatan mitra pengemudi serta pelanggan kami di semua kota.

"Kami memahami bahwa mitra Grab telah beroperasi untuk mendukung mobilitas penduduk di berbagai daerah dan itulah mengapa rapid test ini diperlukan sebagai bagian dari kesiapan Grab Indonesia untuk melindungi kesehatan dan keselamatan mereka dan masyarakat yang mereka layani. Selain itu, tenaga kesehatan kita pun masih terus bekerja keras di garis depan untuk memberikan layanan terbaik bagi pasien. Selama masa sulit ini, penting untuk mengandalkan bantuan dari semua pihak, dan dengan mendukung satu sama lain, kami percaya bahwa kita dapat memerangi pandemi ini bersama,” terang Neneng.

Good Doctor dan GrabHealth menargetkan untuk memberikan rapid test dan PCR test COVID-19 gratis kepada 5.000 tenaga kesehatan dan mitra pengemudi Grab di total 9 kota, yang tersebar di 8 provinsi, termasuk DKI Jakarta, hingga pertengahan Mei 2020. Perluasan rapid maupun PCR test yang diberikan kepada tenaga kesehatan maupun mitra pengemudi akan dimulai serentak di 8 kota pada 27 April 2020 dengan periode pendaftaran dibuka sejak 23 April 2020.

Tenaga kesehatan dan mitra pengemudi yang ingin mendaftarkan diri untuk program ini dapat masuk ke aplikasi Grab dan memilih layanan Kesehatan untuk berkonsultasi dengan mitra dokter Good Doctor dan melalui proses skrining untuk menentukan tingkat risiko COVID-19. Hanya mereka yang berisiko sedang atau tinggi yang dapat mengikuti program rapid dan PCR test gratis ini. Semua biaya untuk pengadaan peralatan dan melakukan rapid dan PCR test sepenuhnya akan ditanggung oleh Good Doctor dan GrabHealth.

Good Doctor and GrabHealth memastikan bahwa semua tahapan dilakukan dengan protokol kesehatan yang lengkap dan sesuai dengan arahan pemerintah untuk terus menjaga jarak fisik. Semua staf yang terlibat dalam rapid test dan PCR test akan dilengkapi dengan alat pelindung diri untuk keselamatan orang lain. Dalam melakukan tes ini, Good Doctor akan berkolaborasi dengan 19 rumah sakit sebagai tim pelaksana rapid test.

“Pemerintah saat ini fokus pada peningkatan kapasitas rapid test dan PCR test di Indonesia karena dengan semakin banyak identifikasi, tidak hanya mencegah penularan lebih lanjut tetapi membantu pengalokasian tenaga dan sumber daya secara lebih terarah. Oleh sebab itu, kami sangat menghargai upaya Good Doctor Technology Indonesia dan GrabHealth sebagai yang pertama untuk memperluas program rapid dan PCR test gratis ke 7 provinsi lainnya. Kami melihat ekspansi program ke wilayah di luar Jakarta sangat tepat, karena peningkatan kasus di sana juga cukup cepat. Dukungan ini tentunya dapat meringankan beban kerja pemerintah dan mempercepat penanganan COVID-19 di Indonesia,” jelas Arya Sinulingga, Staf Khusus Menteri BUMN dan Koordinator Tim Telemedicine Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Sebagai mitra resmi yang ditunjuk dan dipercaya pemerintah, yakni Kementerian Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) dalam percepatan penanganan COVID-19, Good Doctor telah melakukan berbagai inisiatif dan layanan mulai dari skrining risiko infeksi COVID-19 melalui telekonsultasi dengan mitra dokter yang siaga 24/7, maupun skrining mandiri dalam aplikasi, serta menyebarkan konten edukasi pandemi COVID-19 di aplikasi GrabHealth powered by Good Doctor maupun di media sosial.

Sejak pandemi ini mulai menyerang seluruh dunia pada Februari hingga sekarang, GrabHealth powered by Good Doctor telah meningkatkan kapasitas pelayanan hingga 4x demi memenuhi   permintaan publik yang meningkat drastis. Selama bulan Maret sendiri, konsultasi seputar COVID-19 di aplikasi mengalami peningkatan sebanyak 16x lipat dibandingkan bulan sebelumnya. Saat ini Good Doctor dan GrabHealth meningkatkan upaya pelayanannya dengan memberikan rapid test dan PCR test gratis untuk mitra pengemudi dan tenaga kesehatan.

Ke depannya, Good Doctor akan terus bekerja erat dengan lembaga pemerintah maupun pihak terkait lainnya, untuk meminimalisir penyebaran COVID-19. Semua kegiatan ini adalah bagian dari inisiatif #BaikBersama yang merupakan wujud upaya Good Doctor untuk bersama memerangi COVID-19, karena Good Doctor meyakini pandemi ini bisa dilawan dengan sinergi dari berbagai pihak, baik pemerintah, swasta dan juga masyarakat.

SHARE:

Grab Ventures Velocity Batch 6 Umumkan 5 Finalis Startup Sektor ESG dan E-Commerce Enabler

Istri Pendiri Grab Dukung Israel, Netizen Malaysia dan Indonesia Kompak Serukan Boikot