Grab Dominasi Pasar Transportasi Online di Indonesia dan Vietnam

Technologue.id, Jakarta – Kawasan Asia-Pasifik telah menjadi pasar terbesar transportasi online (ride-hailing) di dunia. Kawasan ini mencakup 70 persen dari semua perjalanan ride-hailing dunia. Pemain ride-hailing di kawasan ini juga tidak berhenti pada transportasi namun berkembang menjadi marketplace yang menyediakan berbagai kebutuhan lewat yang disebut “super-apps”.

Riset yang dilaksanakan oleh ABI Research yang berpusat di London, Inggris, menemukan Grab mempertahankan pangsa pasar ride-hailing atau transportasi online sebesar 11,4%, di Asia-Pacific dengan dominasi di pasar Indonesia dan Vietnam. Riset ini merupakan riset kedua yang dikeluarkan oleh ABI Research setelah tahun 2018.

Di Indonesia, Grab memimpin pasar dengan 64% dan Vietnam 74%. Menurut ABI, kepemimpinan pasar ini merupakan buah keberhasilan Grab menjadi super app yang dapat menangkap volume permintaan masyarakat yang begitu besar selain transportasi, yaitu dengan menyediakan layanan pengiriman barang dan makanan, serta layanan keuangan melalui layanan GrabExpress, GrabFood, GrabFresh, dan GrabFinancial.

Sedangkan menurut data ABI Research, Go-Jek, pesaing terdekat Grab, memiliki 35,3 persen dari pasar Indonesia sementara Go-Viet memiliki 10,3 persen dari pasar Vietnam.

Menurut James Hodgson, Smart Mobility Principal Analyst at ABI Research, “Pertumbuhan transportasi online mengalami perlambatan. Setelah mencapai 22 miliar perjalanan pada 2018, tahun ini diperkirakan akan ditutup dengan angka perjalanan sedikit di bawah 22 miliar.”

Karena itu, pengembangan layanan di luar transportasi adalah keniscayaan. Hodgson mencontohkan, di Amerika Serikat, ketika sektor transportasi Uber hanya tumbuh 9% pada Q1 2019, UberEats tumbuh impresif mencapai 89% pada periode yang sama.

Menurut Hodgson, operasi ride-hailing makin tertekan dengan langkah-langkah meningkatkan insentif pengemudi dan mensubsidi tarif untuk mencari pelanggan baru dan memperluas pangsa pasar. Karena itu, pengembangan untuk menjadi “supermarket” layanan smart mobility yang dilakukan Grab merupakan contoh suatu upaya inovasi yang berhasil.

Latest News

YouTube Hadirkan Panel Informasi Cek Fakta

Technologue.id, Jakarta - YouTube meluncurkan panel informasi cek fakta untuk melawan misinformasi dan disinformasi di platform. Dalam beberapa hari...

Diguyur Investasi, Pintek Tawarkan Pinjaman Pendidikan

Technologue.id, Jakarta - Startup Pintek berhasil mendapatkan pendanaan untuk meningkatkan akses pendidikan dan kualitas pendidikan di Indonesia. Pendanaan tersebut dipimpin oleh oleh...

Indosat Ooredoo Luncurkan Aplikasi MPWR, Pilih Paket Data Hingga Atur Pemakaian

Technologue.id, Jakarta - Indosat Ooredoo meluncurkan aplikasi digital lifestyle telco MPWR (dibaca: Empower) untuk memenuhi semua kebutuhan digital dan lifestyle pengguna muda...

Jagat Twitter Heboh Gubernur Anies Positif Covid-19

Technologue.id, Jakarta - Kabar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkonfirmasi positif Covid-19 sontak membetot perhatian masyarakat, khususnya masyarakat Ibu Kota. Tak hanya...

Review Samsung Galaxy Tab S7 Plus: Spesifikasi Tinggi, Mewah dan Serba Bisa

Technologue.id, Jakarta - Tak banyak produsen gadget yang bersaing melalui perangkat tablet, kebanyakan dari mereka lebih memilih memproduksi smartphone ketimbang tablet. Hal...

Related Stories