Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Gunakan XL Smart Poultry, Peternak Alami Peningkatan Produksi Unggas
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Solusi XL Smart Poultry berbasis Internet of Things (IoT) dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil meningkatkan produksi unggas milik PT Sierad Produce Tbk (Sierad Produce). Kerjasama kedua pihak yang telah berlangsung dalam setahun terakhir juga berhasil meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan peternakan unggas tersebut.

XL Axiata menyebut hasilnya sudah bisa dilihat, solusi berbasis IoT ini terbukti berhasil dapat meningkatkan Index Performa (IP) di atas standard rata-rata nasional. Dan saat ini pihaknya mengaku tengah bersiap untuk mengembangkan kerjasama yang lebih luas lagi dalam penerapan solusi digital tersebut.

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan, “Teknologi XL Smart Poultry tidak hanya berperan untuk mendigitalisasi kandang, namun juga dapat membantu sebagai personal assistant bagi para peternak seperti fitur notifikasi dan alert, dan juga integrasi ke ekosistem industri unggas yang lebih luas."

Baca Juga:

XL Home Kini Hadir di Jawa Timur


"Kerjasama dengan Sierad Produce tahun lalu merupakan peluang besar bagi kami di XL Business Solutions untuk mengembangkan solusi berdasarkan situasi nyata yang dihadapi oleh klien kami. Selanjutnya, kami dan Sierad Produce akan melakukan ekspansi besar-besaran dalam penerapan solusi XL Smart Poultry ini," tambahnya.

Lebih lanjut diatakan, rencana pengembangan kerjasama yang akan segera direalisasikan kedua pihak adalah demokratisasi teknologi. Dimana solusi XL Smart Poultry ini akan diperluas dan menjangkau semua peternakan ayam di Indonesia yang diperkirakan mencapai 70.000 – 80.000 peternak ayam.

"XL Smart Poultry adalah wujud nyata revolusi industri 4.0 di sektor industri peternakan ayam dengan menggunakan XL flexIoT, yang merupakan unified full-stack IoT platform dengan standar Telco-Grade yang memberikan keamanan, kemudahan integrasi dan scale-up bisnis Anda," pungkas Feby.

Baca Juga:

XL Axiata implementasikan teknologi Cloud Core 5G-ready dari Ericsson


XL Smart Poultry sendiri menawarkan sedikitnya lima keuntungan bagi para peternak. Peternak dapat memonitor kondisi lingkungan secara real-time mulai dari suhu dan kelembaban sampai dengan tingkat cahaya, kecepatan angin, kadar CO2, juga ammonia.

Kemudian, peternak dapat memonitor konsumsi pakan dan minum ayam serta hasil tumbuh kembang ayam melalui indikator harian ABW (Average Body Weight) atau rata-rata berat harian. Peternak juga akan mendapatkan peringatan dan notifikasi secara langsung sehingga dapat lebih cepat tanggap menangani hal di kandang.

Tidak berhenti disitu, perusahaan menyebut XL Smart Poultry dapat melakukan analisa performa dari beberapa indikator yang ada seperti FCR, IP, FE (Feed Efficiency), dan Depletion atau Mortality rate melalui XL Smart Poultry Dashboard baik melalui website ataupun aplikasi mobile. Terakhir, peternak juga dapat memonitor status dari masing sensor dan melakukan proses kalibrasi melalui dashboard.

SHARE:

Saingi BYD, Nissan Juga Kembangkan Baterai Mobil Listrik Berteknologi Canggih

Oppo Perkenalkan Model Google Gemini pada Smartphone AI