Hadapi Pandemi, UMKM Dituntut Manfaatkan Platform Digital

Technologue.id, Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki mendorong para pelaku usaha khususnya UMKM untuk terus bangkit dan tumbuh di masa pandemi seperti sekarang ini dengan memanfaatkan platform digital. Menurutnya, hal ini perlu dilakukan mengingat pandemi telah mengalihkan konsumsi kuliner masyarakat dari offline ke online.

Dalam konferensi bertajuk “Resep UMKM Bangkit Bersama GoFood” yang digelar secara online pada Senin (29/6/2020), Teten mengatakan, “Setidaknya ada 237.000 pelaku usaha yang melapor kepada kami bahwa usahanya terdampak pandemi. Kami mengatakan bahwa digitalisasi merupakan solusi dari permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM saat ini.”

Baca Juga:

Gaet Lazada, Kemenkop UKM Dorong UMKM Go Digital


Teten menyebut saat ini pelaku UMKM sudah sangat dimudahkan dengan adanya platform layanan pesan-antar makanan, salah satunya adalah GoFood. Dimana GoFood sendiri telah memperkuat dukungannya dalam mempercepat transformasi digital UMKM Indonesia dengan menghadirkan fitur dan inisiatif komprehensif yang membantu UMKM bangkit, beradaptasi, dan mengembangkan bisnisnya secara mandiri.

Hal ini diamini oleh Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek Group, yang mengatakan bahwa GoFood telah mengambil satu langkah lebih maju dengan menyediakan ekosistem terlengkap yang lebih dari sekadar teknologi yang mampu menambahkan keterampilan para pelaku UMKM kuliner lewat platform edukasi dan berjejaring (networking) sehingga mereka memperoleh pengetahuan lebih dalam tentang berbisnis langsung dari sesama pelaku usaha.

Baca Juga:

Pandemi Corona, Pelaku Usaha Dituntut Go Online


Dalam membangkitkan kembali bisnis khususnya makanan dan minuman para UMKM di masa pandemi memang dibutuhkan sinergi kuat dari seluruh pihak. Selain kesadaran para pelaku usaha untuk go online serta bantuan dari pemerintah dan platform digital seperti GoFood, masih perlu lagi satu peran yakni peran dari masyarakat.

Dalam hal ini masyarakat juga harus ikut mengulurkan tangannya untuk terus mendukung UMKM dengan membeli produk-produk kuliner anak bangsa. Dengan bantuan itu para UMKM akan terbantu untuk terus bertahan dan bertumbuh di tengah pandemi virus Corona.

Recent Articles

Data Pelanggan Bocor, Telkomsel Janji Berbenah

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel secara resmi menyatakan komitmennya dalam menjaga keamanan data pelanggan. Anak perusahaan Telkom Group tersebut mengaku akan berbenah agar...

Kisah Hidup Karakter Antonio dari Free Fire

Technologue.id, Jakarta - Free Fire adalah game mobile battle royale paling populer di dunia saat ini. Game ini memiliki sistem karakter yang...

TikTok Hapus 50 Juta Video Bermasalah di Paruh Kedua 2019

Technologue.id, Jakarta - Aplikasi media sosial TikTok mengatakan bahwa pihaknya telah menghapus lebih dari 49 juta video dari platformnya selama paruh kedua...

Bercerai dengan Intel, Segini Keuntungan yang Didapat Apple

Technologue.id, Jakarta - Dalam gelaran WWDC 2020, Apple mengkonfirmasi perpisahannya dengan Intel. Sejumlah pihak menilai keputusan ini diambil guna menghemat pengeluaran perusahaan.

WFH Bikin Penjualan PC Meningkat Secara Global

Technologue.id, Jakarta - Pandemi Covid-19 banyak mengubah paradigma tentang banyak hal, termasuk bisnis. Beberapa industri ada yang berdampak sangat buruk, namun di...

Related Stories