DirectHadirkan Fitur Live Games, GoPlay dan Storms Permudah Penonton Bermain Interaktif

Hadirkan Fitur Live Games, GoPlay dan Storms Permudah Penonton Bermain Interaktif

Technologue.id, Jakarta – GoPlay, platform livestreaming interaktif dari Gojek, terus berkomitmen menghadirkan pengalaman terbaik bagi para penonton untuk berinteraksi bersama konten kreator lokal terbaik. Melengkapi fitur-fitur interaktif sebelumnya, GoPlay meluncurkan fitur Live Games bagi para penggemar untuk turut berpartisipasi secara real-time dalam game bersama para konten kreator favorit mereka di platform GoPlay. Pada tahap awal, GoPlay berkolaborasi bersama perusahaan rintisan studio game terdepan yang berbasis di Singapura, Storms, untuk meluncurkan fitur inovatif tersebut. Storms adalah anak perusahaan dari iCandy Interactive, perusahaan pengembang game terbesar di Australia dan Asia Tenggara.

Kehadiran fitur Live Games di GoPlay sejalan dengan riset yang menunjukkan 62% penonton livestreaming secara global menyatakan kebutuhan bersosialisasi dan berinteraksi menjadi alasan utama mereka untuk menonton konten kreator bermain games. Pada tahap awal, GoPlay akan menawarkan game AZ Run, game bola berlari yang dikembangkan oleh Storms dan telah memiliki lebih dari 9,6 juta unduhan dan 3 juta pengguna aktif bulanan. Game AZ Run akan hadir pertama di GoPlay melalui acara grup idola populer JKT48, yaitu GoPlay Live Original JKT48 Mabar, yakni program bagi para gamers yang dibawakan langsung oleh member JKT48 atau team esports JKT48 atau yang lebih dikenal sebagai team Valkyrie dengan konsep memainkan game-game pilihan secara live.

CEO GoPlay Edy Sulistyo mengatakan, “Berdasarkan pengamatan kami sebagai content delivery platform, penonton lebih memilih konten yang memudahkan mereka berinteraksi dengan konten kreator daripada konten yang sifatnya pasif. Fitur Live Game di GoPlay secara interaktif ini menandai era baru hiburan yang memberi kesempatan bagi penonton dan kreator bersenang-senang bersama. Dari sisi pengguna GoPlay, mereka mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam gameplay dan lebih akrab dengan konten kreator, dan pada saat yang sama, fitur ini menjadi amunisi bagi para konten kreator untuk berkreasi dengan program live show yang memberikan pengalaman yang berbeda bagi penonton dan komunitas mereka.”

Untuk dapat ikut dalam permainan yang dibawakan oleh konten kreator, setiap penonton perlu mengirimkan virtual gift selama menyaksikan live event yang dibawakan oleh konten kreator. Satu kali pengiriman virtual gift dapat berkontribusi menjadi satu button atau satu langkah yang mempengaruhi hasil dalam game AZ Run dan fitur live game lainnya di GoPlay. Dalam satu bulan mendatang, akan lebih banyak live game yang diluncurkan di GoPlay dengan fitur direct player-versus-player (PvP).

CEO Storms David Yin menambahkan, “Tim Storms sangat senang menyediakan teknologi game interaktif dan katalog game untuk memperkaya komunitas livestreaming GoPlay. Kolaborasi ini sangat berarti bagi Storms, mengingat komitmen kami untuk membangun ekosistem game yang dinamis dan menjangkau 2 miliar social-gamers, dimulai dengan aplikasi hiburan terdepan di Indonesia.”

Peluncuran fitur Live Game ini sejalan dengan tema yang diangkat GoPlay sejak akhir 2021 yakni “meet new people, find amazing content, discover your community”, sehingga penonton tidak hanya mudah menemukan konten, tetapi juga teman hingga komunitas baru sesuai preferensi. Sebelumnya, pemanfaatan teknologi interaktif dalam GoPlay Live dilengkapi berbagai fitur interaktif seperti Private/Group Chat, Shout Out/Question & Answer, Virtual gift, Trivia, Polling, dan Live shopping. Ragam fitur interaktif ini tak hanya memungkinkan pengguna menikmati berbagai hiburan livestream bersama dengan teman dan keluarga secara interaktif, tetapi memudahkan konten kreator berinovasi dalam membuat konten-konten yang kreatif dan interaktif.

Dengan kehadiran fitur live game di GoPlay, kini para penonton program GoPlay Live Original Mabar JKT48 dapat langsung berinteraksi dengan game yang sedang dimainkan oleh tim esports JKT48 yakni Valkyrie, bahkan dapat langsung membantu atau mengerjai para pembawa acara dengan mempengaruhi permainan secara real time. Marsha JK48 dan Kathrina JKT48 sebagai bagian dari tim esports JKT48 turut memberikan komentarnya terkait kehadiran fitur live game di GoPlay “Dulu kita suka banget bahkan ambis main casual game kalau sedang mengisi waktu luang, tapi mainnya sendiri. Sekarang karena online di GoPlay bisa main rame-rame, jadi lebih seru. Main live game bersama-sama di GoPlay jadi gemes, ada penonton yang ngerjain bikin game-nya jadi susah, tapi banyak juga yang bantuin. Seru banget dan jangan sampai ketinggalan!”

Edy menambahkan, “Program GoPlay Live Original Mabar bersama JKT48 dipilih untuk peluncuran fitur ini mengingat kepopuleran program ini di mata penonton GoPlay, yang tak terbatas pada gamers semata, tetapi juga mereka yang mencari hiburan bersama-sama para kreator idola mereka. Dengan adanya fitur Live Games ini, GoPlay diharapkan terus menjadi rumah bagi para konten kreator tanah air untuk berkreasi dan memasarkan karya mereka secara lebih luas sekaligus mendorong tumbuhnya creator economy di Indonesia.”

Related articles

PUBG Mobile Kolaborasi Bareng Gojek, Banyak Hadiah!

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile Indonesia kolaborasi bareng Gojek lewat kampanye...

Temukan Bug di Gojek Ada Hadiah Rp73 Juta!

Technologue.id, Jakarta - Gojek mengumumkan program Bug Bounty untuk...

Viral! Kronologi Driver Gojek Bawa Kabur Ipad Konsumen

Technologue.id, Jakarta - Media sosial Twitter ramai utas seorang...

Setahun Skema Komisi Berubah, Bagaimana Kesejahteraan Driver Sekarang?

Technologue.id, Jakarta - Gojek kembali menaikkan komisi aplikasi untuk...

Gojek Luncurkan Fitur Pohon Kolektif

Technologue.id, Jakarta - Gojek tidak henti-hentinya menghadirkan pembaruan bagi...