Kurang dari 14 Jam, Robot Ini Mampu Bangun Rumah!

Robot ini mampu mendirikan rumah kurang dari 14 jam (source: CNN)

Technologue.id, Jakarta – Sebuah bangunan yang mirip seperti rumah berukuran 37,99 meter persegi di Rusia didirikan oleh robot raksasa hanya dengan waktu kurang dari 14 jam. Robot itu sendiri menggunakan teknologi 3D printer untuk dapat menciptakan bangunan yang pantas ditinggali manusia tersebut.

Dikutip dari CNN (7/5/2017), peneliti dari Institut Teknologi Massachusetts adalah dalang dibalik kemampuan robot raksasa tersebut sehingga bisa menciptakan sebuah bangunan dalam kurun waktu yang terbilang sangat singkat. Material bangunan yang digunakan robot itu mirip dengan busa, namun akan mengeras dalam beberapa waktu.

Rupanya, robot ini merupakan prototype yang tengah diuji sebagai pembuat rumah di masa depan. Dengan demikian, tak heran bila komponen yang menempel masih terlihat cukup kasar.

Adapun komponen yang digunakan oleh para peniliti tersebut adalah lengan yang berasal dari robot kelas industri, yang mampu menjangkau area yang luas. Lengan besar tersebut dihubungkan dengan lengan yang berukuran lebih kecil, yang berguna sebagai alat gerak robot di area yang sempit.

Pada bagian ujung lengan kecil itu terdapat noozle atau mulut tabung yang berguna menyemprotkan material berbentuk busa, yang merupakan bahan dasar dari bangunan tersebut. Robot ini membangun dengan arahan software yang sebelumnya telah diisi blueprint dari bangunan yang hendak didirikan.

Sayangnya, robot itu hanya bisa membangun pondasi dasar dari bangunan saja, sedangkan sisanya masih membutuhkan tenaga manusia, dan memakan waktu 3 bulan sampai benar-benar selesai.

Baca juga:

Robot Asisten Rumah Tangga LG Punya ‘Perasaan’ Sendiri!

Google Sudah Percaya Kalau Anda Bukan Robot

Ambil Kerjaan Manusia? Robot Harus Bayar Pajak!

loading...