Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

News Internet Latest News Social

Hari Kebangkitan Nasional menjadi Momen Refleksi Pembangunan di Indonesia

byZulfi Apriani - editorDenny Mahardy May 22, 2022

Technologue.id, Jakarta - Semangat Hari Kebangkitan Nasional masih relevan untuk kehidupan bangsa Indonesia saat ini. Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, di usia peringatan ke-114 tahun ini, semangat dan cita-cita kebangkitan nasional sejalan dengan Presidensi G20 Indonesia.

Tak sampai disitu, Menteri Johnny juga mengajak seluruh elemen bangsa kembali memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional.

"Mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional," ajaknya.

Baca Juga:
Menkominfo Mengangkat 7 Anggota KIP Periode 2022-2026

Dalam pidatonya, Menteri Johnny menyatakan semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

"Organisasi yang menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan," tandasnya.

Menurut Menkominfo, semangat cita-cita kebangkitan nasional tersebut sejalan dengan gelaran Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang tahun ini dipimpin oleh Indonesia.

"Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan," jelasnya.

Selanjutnya Menteri Johnny, menyatakan pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia tahun ini mengusung tiga isu prioritas, yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis Digital, dan Transisi Energi Berkelanjutan. Hal tersebut secara tegas ia sampaikan dalam isi sambutannya.

"Indonesia terus mendorong negara-negara anggota G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan siap berkolaborasi serta menggalang kekuatan, sehingga masyarakat dunia dan kemanusiaan dapat merasakan dampak nyata dari kerja sama ini," tuturnya.

Baca Juga:
Kominfo Luncurkan The National Digital Talent Program

Tidak hanya itu, untuk mengakhiri sambutannya, Menkominfo mengutip ucapan Dr. Sutomo yang berbunyi:

"Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapa pun juga"

Menurut Menteri Johnny, kata-kata semangat tersebut dapat dimaknai sebagai tonggak kebangkitan bersama bangsa Indonesia.

#Kominfo #KominfoPeringatiHarkitnas #HariKebangkitanNasional

Baca Juga